sate pusut khas lombok
Worth untuk masuk bucketlist, ini kuliner NTB yang harus dicoba

Worth untuk masuk bucketlist, ini kuliner NTB yang harus dicoba

8 September 2021

Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur masing-masing punya kuliner khas yang berbeda. Nusa Tenggara Timur punya lawar ikan, jagung bose, se’i, kue jawada dan lainnya sebagai kuliner khasnya. Sedang Nusa Tenggara Barat punya banyak kuliner yang tak kalah lezat. Setidaknya, apa saja kuliner khas Nusa Tenggara Barat yang harus dicoba?

Ayam taliwang

Termasuk salah satu kuliner khas Nusa Tenggara Barat, ayam taliwang memiliki tingkat kepopuleran yang cukup tinggi. Merupakan ayam kampung muda yang dibakar utuh, ayam taliwang yang dibumbui dengan bumbu khas ini biasanya dinikmati dengan plecing kangkung serta nasi putih.

ayam taliwang kuliner khas ntb

Foto: catatan-nina

Sate bulayak

Selain Madura yang punya makanan khas berupa sate, NTB juga punya makanan khas berupa sate. Sate bulayak dibuat menggunakan daging sapi yang disajikan dengan bumbu kacang. Salah satu ciri khas dari sate bulayak ini bumbunya menggunakan santan sebagai campuran.

sate bulayak

Foto: pinterest/widya

Beberuk terong

Siapa sangka terong jadi salah satu makanan khas daerah? Inilah kekayaan Indonesia. Di NTB, beberuk terong menjadi kuliner khas yang lezat dan digemari banyak orang. Dimasak dengan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, cabai, tomat serta terasi, beberuk terong memiliki citarasa yang cenderung pedas. Sangat cocok dinikmati dengan nasi bukan?

beberuk terong

Foto: instagram/susie.agung

Baca juga: Kuliner Khas NTT Yang Bakal Bikin Kamu Pengen Balik Lagi

Sate pusut

Bentuknya mirip dengan sate lilit. Menggunakan daging sapi yang dicampur dengan aneka bumbu dapur dan kelapa, sate pusut juga tak jarang dinikmati dengan plecing kangkung. Meski begitu, menjadikannya sebagai camilan juga akan tetap membuat sate pusut lezat dinikmati.

sate pusut khas lombok

Foto: instagram/sasmitaedo

Sayur ares

Dengan citarasa yang gurih, sayur ares menggunakan pisang kepok muda yang dimasak dengan kuah santan dan bumbu khas. Keistimewaan menu ini membuatnya hampir selalu disajikan dalam perayaan penting yang diselenggarakan masyarakat Nusa Tenggara Barat.

sayur ares makanan khas ntb

Foto: KINGEBA Inc.

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.
Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia