manfaat mengonsumsi jahe untuk kesehatan tubuh
Wajib ada di dapur, ini manfaat jahe jika rajin dikonsumsi

Wajib ada di dapur, ini manfaat jahe jika rajin dikonsumsi

4 November 2021

Tak asing dengan jahe, bahan yang satu ini biasa digunakan sebagai bumbu masak. Selain itu jahe juga biasa dijadikan sebagai minuman, mulai dari wedang jahe hingga kuah ronde. Diyakini dapat melegakan tenggorokan, jahe juga kerap jadi andalan untuk menghangatkan badan. Tapi selain itu, apa saja sih manfaat mengonsumsi jahe?

Mengurangi morning sickness

Salah satu kondisi yang sering dialami oleh ibu hamil adalah morning sickness. Muntah dan mual yang dirasakan ini kerap dirasa kurang nyaman, hingga tak enak makan. Untuk menguranginya, biasanya jahe dijadikan pilihan agar morning sickness tak semakin parah. Jangan lupa tetap konsultasikan dengan dokter kandungan ya, Moms!

Meningkatkan imunitas

Tau nggak sih kalau jahe ternyata juga bisa bantu meningkatkan imunitas tubuh? Yes! Karena jahe memiliki kandungan vitamin C dan magnesium yang berfungsi untuk memperkuat sistem imun. Selain itu, gingerols, zingerones serta shogaols juga ada di dalam kandungan jahe.

Mengurangi nyeri perut

Selain diyakini dapat mengurangi morning sickness, jahe juga diyakini dapat membantu mengurangi nyeri perut yang biasa menyerang wanita saat datang bulan. Karenanya dianjurkan untuk mengonsumsi jahe saat beberapa hari pertama menstruasi.

tanaman jahe
Foto: thekitchn

Baca juga: BAHAN PENGGANTI YANG BISA DIPAKAI UNTUK BIKIN PIZZA, ANTI BOSAN

Meredakan masalah pencernaan

Pernah mengalami masalah pencernaan? Nah, jahe ternyata juga diyakini dapat membantu meredakan masalah pencernaan karena kandungan phenolic yang dimiliki oleh jahe. Kandungan ini dapat membantu meredakan gejala iritasi gastrointestinal hingga membantu pencernaan.

Mengurangi peradangan

Orang tua-orang tua kita sering mengandalkan wedang jahe saat merasa kurang enak badan. Ternyata bisa jadi hal ini karena jahe mengandung gingerol yang bersifat sebagai anti inflamatori, sehingga dapat membantu mengurangi rasa sakit atau peradangan. Jadi tak heran deh kenapa jahe wajib ada di rumah dan rajin dikonsumsi.

Selalu dapatkan info, tips dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.
Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia