tips menata meja makan
Tips menata meja makan, biar rapi dan estetik

Tips menata meja makan, biar rapi dan estetik

22 November 2021

Makan bersama keluarga di rumah jadi momen penting yang sayang untuk dilewatkan. Apalagi masing-masing anggota punya kesibukan masing-masing. Bisa jadi, momen makan bareng nggak bisa dilakukan sesering sehari 3x. Tapi supaya momen makan bersama di rumah jadi selalu seru dan menyenangkan, ada beberapa tips menata meja makan yang bisa diterapkan.

Pertimbangkan siapa saja yang akan ikut makan

Cara menata meja makan yang paling penting adalah dengan mempertimbangkan siapa saja yang akan ikut makan bersama. Pasalnya, ini dapat mempengaruhi penataan meja dan kursi makan lho! Misalnya, kalau ada anak kecil maka perlu dipertimbangkan kursi untuk anak, apa harus pakai baby chair atau kursi tambahan. Jangan lupa perhatikan juga jarak antar kursi dan meja makan ya.

Menu yang dihidangkan

Mempertimbangkan menu yang akan dihidangkan juga tak kalah penting. Biasanya menu ini menyesuaikan siapa saja anggota keluarga yang ikut makan bersama. Apa perlu menyiapkan menu khusus anak atau makanan tertentu untuk orang tua. Kalau ada momen spesial seperti ulang tahun pasangan, menu yang disajikan juga bisa disesuaikan dengan momen penting tersebut.

Sesuaikan peralatan makan

Setelah menentukan menu yang akan disajikan di meja makan untuk makan bersama keluarga, peralatan makan jadi hal penting berikutnya yang harus disiapkan. Peralatan makan pun harus disesuaikan dengan menu yang disajikan. Mungkin perlu mangkok untuk sup atau piring kecil untuk dessert dan appetizer yang disajikan.

Baca juga: BAHAN YANG WAJIB ADA DI DAPUR, BIKIN MASAKAN JADI MAKIN LEZAT

Perhatikan pencahayaan

Poin ini tak jarang terlupakan karena dianggap kurang krusial. Padahal, pencahayaan juga jadi poin yang sangat penting dan berpengaruh, lho! Cahaya yang terlalu gelap, mungkin akan cukup menyulitkan saat kita makan bersama dengan anak kecil atau orang tua. Cahaya yang terang namun hangat, dapat membuat suasana makan bersama jadi terasa lebih intim dan menyenangkan.

Selalu dapatkan info, tips dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia