Foto: gingerone.ca
Tips masak seafood untuk hidangan Hari Raya Idul Fitri

Tips masak seafood untuk hidangan Hari Raya Idul Fitri

27 April 2022

Memasak menu seafood untuk hidangan lebaran, bisa jadi cara jitu agar kita tetap bisa menyajikan makanan yang lezat dan sehat. Supaya tidak amis dan kualitasnya tidak rusak, ada beberapa tips memasak seafood untuk hidangan Hari Raya Idul Fitri yang bisa diterapkan.

Bersihkan kotoran

Masing-masing seafood memiliki cara berbeda-beda untuk dibersihkan. Misalnya untuk cumi-cumi, tinta hitamnya dibersihkan dulu sebelum dimasak. Demikian juga dengan jenis seafood lainnya. Cuci bersih seafood di bawah air mengalir sebelum mulai menggunakannya untuk masakan yang akan disajikan.

Kurangi aroma amisnya

Salah satu ciri khas seafood adalah aromanya yang khas dan cenderung amis. Untuk mengurangi aroma kurang menyenangkan tersebut, sebelum dimasak seafood bisa dilumuri perasan air jeruk nipis atau lemon terlebih dahulu selama beberapa saat. Selain mengurangi aroma amisnya, cara ini juga membuat seafood lebih lezat dan wangi saat dimasak.

Baca juga: Resep tofu nori viral ala Kitchen of Indonesia X Kingbean

Perhatikan teksturnya

Hindari memasak seafood terlalu lama. Karena rata-rata seafood cepat matang. Sehingga jika dimasak terlalu lama dan terlalu matang, bisa merusak kualitas dan teksturnya. Sesuaikan dengan masing-masing jenis seafood yang digunakan untuk hidangan ya.

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia