cara memanfaatkan nasi sisa semalam
Tips masak nasi goreng enak dan wangi, super sedap

Tips masak nasi goreng enak dan wangi, super sedap

2 June 2022

Siapa sih yang tidak suka makan nasi goreng? Menu satu ini sudah jadi andalan banyak orang sejak dulu. Bahkan kerap dijadikan comfort food. Nah supaya bisa bikin nasi goreng yang enak, simak yuk tips masak nasi goreng ala Kitchen of Indonesia ini.

Wajan cekung

Kalau kita perhatikan, abang-abang penjual nasi goreng biasanya menggunakan wajan cekung untuk menggoreng nasinya. Begitu juga chef atau koki di restoran atau rumah makan chinese food. Biasanya wajan cekung memang sengaja dipilih untuk membuat nasi goreng karena dapat menghantarkan panas secara merata. Sehingga nasi bisa matang secara bersamaan. Selain itu mengaduk di wajan cekung pun lebih mudah.

Minyak dan wajan panas

Sebelum mulai memasak, pastikan wajan dan minyak yang akan digunakan sudah dalam keadaan panas terlebih dahulu. Sehingga saat menggoreng, nasi tidak lengket dan lebih wangi. Saat ingin menumis bumbu, api bisa sedikit dikecilkan terlebih dahulu agar tidak cepat gosong.

Pakai api yang besar

Setelah menumis bumbu hingga wangi, gunakan api besar kembali untuk menggoreng nasi. Namun usahakan untuk mengaduknya dengan cepat agar nasi tidak gosong sebagian dan matang merata. Jika dirasa terlalu panas dan api terlalu besar, api bisa diatur dan sedikit dikecilkan. Sesuaikan besaran api berdasarkan kebutuhan.

Baca juga: Resep nasi goreng rajungan Prima Star – resep praktis 15 menit jadi

Waktu untuk mengaduk

Jangan terburu-buru mematikan api begitu saja setelah bumbu tercampur rata. Biarkan nasi dan bumbu termasak agak lama, sehingga bumbu lebih meresap. Kecap dan saus yang digunakan pun dapat membuat nasi lebih harum dan sedap.

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.
Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia