makanan kandungan air tinggi
Tips makan sahur agar tetap fit saat puasa

Tips makan sahur agar tetap fit saat puasa

Tak jarang, saat berpuasa tubuh jadi terasa lemas dan lesu. Dengan makan dan pola sahur yang tepat, kondisi tubuh bisa jadi lebih terjaga meski sedang berpuasa. Ini lho beberapa tips makan sahur agar tetap fit saat puasa.

Karbohidrat

Kita terbiasa mengonsumsi karbohidrat saat makan sahur. Selain nasi, makanan-makanan sumber karbohidrat yang terbuat dari biji-bijian utuh juga bisa dijadikan pilihan. Misalnya seperti roti gandum, yang memiliki karbohidrat tinggi sehingga akan membuat perut terasa kenyang lebih lama dan proses penyerapannya yang lebih lambat.

Sayur dan buah

Sayur dan buah-buahan termasuk makanan tinggi serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, kandungan mineral dan vitamin yang dimiliki buah dan sayur juga tak kalah baik untuk tubuh. Beberapa jenis sayur dan buah yang mengandung mineral tinggi seperti selada, semangka, stroberi diyakini sangat baik untuk tubuh saat berpuasa.

Kacang-kacangan

Mengonsumsi kacang-kacangan meski dalam jumlah kecil ternyata dapat membuat perut lebih kenyang. Karena itu biasanya kacang-kacangan dijadikan pendamping makanan sahur dalam bentuk sayur atau lauk pauk. Kacang-kacangan juga bisa dikonsumsi dengan susu untuk kenyang lebih lama.

Baca juga: Ini cara makan dan minum Nabi Muhammad SAW, ikuti biar ramadhan makin berkah

Air mineral

Dari berbagai bahan makanan yang baik untuk tubuh dan dikonsumsi saat sahur, air minum jadi satu yang paling penting dan dibutuhkan tubuh selama berpuasa seharian. Karena itu jangan lupa mengonsumsi air minum dalam jumlah cukup sesuai kebutuhan tubuh selama sahur dan buka puasa.

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia