tips dan cara mengolah jamur
Tips dan cara mengolah jamur jadi makanan lezat

Tips dan cara mengolah jamur jadi makanan lezat

18 November 2021

Jamur termasuk salah satu jenis sayuran yang kandungan mineralnya tinggi. Teksturnya lembut dan kenyal, jamur mengandung banyak gizi baik yang dibutuhkan oleh tubuh. Jamur juga bisa diolah dengan berbagai cara, mulai dari digoreng, ditumis hingga dijadikan campuran sup. Tapi cara mengolah jamur tak boleh sembarangan, supaya rasa dan kandungan gizinya tidak rusak. Karena itu yuk coba simak beberapa tips mengolah jamur ini.

Bersihkan sebaik mungkin

Salah satu hal penting yang harus diperhatikan sebelum mulai mengolah jamur adalah memilih jamur yang kualitasnya bagus saat membeli. Pilih jamur yang bentuknya utuh, segar dan tidak berlendir. Untuk jenis jamur tiram, potong bagian pangkal jamur. Kemudian cuci jamur di bawang air mengalir atau bisa juga dengan menggunakan lap yang sudah dibasahi air.

Tak perlu masak terlalu lama

Olahan jamur yang lezat adalah jamur yang lembut namun tetap ada tekstur renyahnya. Karena itu waktu masak jadi sangat penting diperhatikan untuk mendapatkan hasil yang tepat. Jika ingin memasak jamur dengan bumbu, ada baiknya tumis bumbu terlebih dahulu hingga matang kemudian tambahkan sedikit air hingga mendidih kemudian baru masukkan jamur. Setelah jamur matang, segera angkat dan matikan kompor agar tidak over cooked.

Baca juga: UNTUK TEMAN MAKAN NASI, RESEP TUMIS JAMUR YANG LEZAT DAN MUDAH

Tidak dihangatkan lagi

Kamu termasuk salah satu penggemar olahan jamur tumis? Menu ini memang sangat praktis, rasanya lezat dan cocok untuk teman makan sehari-hari. Tapi kalau ada jamur tumis sisa, sebaiknya jangan dihangatkan lagi ya. Rasanya akan berubah dan tekstur jamurnya pun akan jadi lebih lembek dari sebelumnya. Sebaiknya buat jamur tumis dengan porsi secukupnya dan langsung habis.

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.
Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia