manfaat ikan sarden
Sering Dijadikan Makanan Kaleng, Ternyata Ini Lho Manfaat Ikan Sarden

Sering Dijadikan Makanan Kaleng, Ternyata Ini Lho Manfaat Ikan Sarden

26 September 2019

Ikan sarden termasuk salah satu jenis ikan yang sudah cukup familiar di lidah masyarakat Indonesia. Pasalnya ikan yang satu ini sering diolah menjadi makanan kaleng siap saji yang mudah didapat di toko-toko terdekat. Cukup tak disangka, ternyata manfaat ikan sarden untuk tubuh pun cukup banyak. Apa saja ya?

Ikan Sarden Ternyata Dapat Membantu Menjaga Kadar Gula Darah, Lho

Ikan sarden termasuk jenis ikan yang kaya kandungan protein dan lemak. Kandungan ini jika ditambah dengan karbohidrat dari makanan pendampingnya, akan memiliki efek yang dapat membantu memperlambat pelepasan gula dalam alirah darah. Karena itu ikan sarden termasuk salah satu makanan yang dapat membantu menjaga kadar gula darah jika dikonsumsi secara tepat.

Menjaga Kesehatan Kulit

Karena memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, maka ikan sarden pun bermanfaat dalam menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Karena kandungan protein ini sangat berguna dalam regenerasi kulit dan menjaga kesehatannya.

Dapat Juga Membantu Mencegah Kanker

Sarden juga merupakan salah satu sumber vitamin D yang dapat membantu mencegah kanker pada usus besar. Selain itu, ikan sarden juga memiliki kandungan zat antioksidan seperti selenium yang berguna untuk mencegah radikal bebas dan menjaga kesehatan organ.

ikan sarden

Foto: freepik.com

Baca Juga: Sering Dijadikan Isian Makanan Jepang, Ini Manfaat Gurita Untuk Tubuh

Ternyata Punya Pengaruh Juga Pada Kesehatan Mental

Ikan sarden kaya akan kandungan asam lemak Omega-3 yang bermanfaat untuk mencegah gangguan mood, seperti depresi atau cemas. Hal ini karena otak memiliki kandungan lemak 60%, sehingga lemak Omega-3 sangat berperan penting dalam menjaga kesehatan mental. Bahkan jika terjadi penurunan asam lemak Omega-3 pada otak dapat menyebabkan rasa depresi dan cemas meningkat.

Mencegah Penyakit Karena Efek Penuaan

Usia yang semakin bertambah tua, membuat tubuh juga semakin lemah. Beberapa penyakit karena efek penuaan pun mulai muncul. Salah satunya pada kemampuan otak dan penglihatan. Ikan sarden memiliki kandungan yang bermanfaat untuk menghindarkan sejumlah penyakit karena efek penuaan tersebut.

manfaat mengonsumsi ikan sarden

Foto: freepik.com

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia