beda risol dan kroket
Persamaan risol dan kroket, sudah tau belum?

Persamaan risol dan kroket, sudah tau belum?

13 December 2021

Camilan yang digoreng memang sangat menggoda. Rasanya yang biasanya gurih dan teksturnya yang renyah, menjadi daya tarik tersendiri. Termasuk kroket dan risol. Dua camilan yang biasanya dijual berbarengan ini punya banyak persamaan. Apa saja sih sebenarnya persamaan risol dan kroket?

Sama-sama digoreng dengan tepung panir

Risol dan kroket termasuk jenis camilan yang cara masaknya sama-sama digoreng. Selain itu, bagian luar keduanya sama-sama dilapisi dengan tepung panir. Bahkan dengan bentuk yang kadang sekilas mirip, risol dan kroket kadang susah dibedakan dari luar.

Berasal dari Belanda

Kroket dan risol sama-sama termasuk camilan Indonesia yang diadaptasi dan berasal dari Belanda. Kalau di Belanda, kroket merupakan ragout yang dilapisi putih telur kemudian digoreng dengan tepung panir. Sedang di Indonesia, kroket menggunakan kentang yang ditumbuk halus dan dicampur sayur kemudian digoreng dengan kocokan telur dan tepung panir.

Baca juga: BAHAN YANG WAJIB ADA DI DAPUR, BIKIN MASAKAN JADI MAKIN LEZAT

Berisi sayuran

Kroket identik dengan isiannya yang menggunakan aneka sayuran, seperti wortel dan buncis. Demikian juga dengan risol. Meski saat ini tak sedikit risol yang menggunakan smoked beef, telur hingga mayonaise sebagai isiannya. Rasa isiannya yang cenderung gurih, membuat risol dan kroket sama-sama cocok dinikmati dengan cabai rawit atau sambal cocol.

Selalu dapatkan info, tips dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia