ongol-ongol cemilan dari singkong
Olahan dari singkong, ide berbagai camilan jadul dan kekinian yang endul

Olahan dari singkong, ide berbagai camilan jadul dan kekinian yang endul

15 September 2021

Umbi-umbian seperti singkong, termasuk salah satu bahan pangan yang sangat familiar dan mudah didapat di Indonesia. Tak heran kalau banyak jajanan di Indonesia, mulai dari jajanan jadul hingga kekinian yang dibuat menggunakan singkong.

Singkong keju

Camilan ini jadi salah satu camilan favorit banyak orang sejak dulu. Pembuatannya cukup mudah, rasanya pun cukup familiar dengan menonjolkan citarasa asli singkong tersebut. Biasanya singkong direbus hingga matang kemudian direndam dengan bawang putih dan garam selama beberapa saat sebelum kemudian digoreng sehingga tekstur luarnya lebih krispi. Untuk melengkapi rasa gurih dan lezatnya, biasanya keju parut ditaburkan sebagai topping.

Keripik singkong

Siapa yang tak suka keripik? Makanan ringan yang cocok untuk dinikmati setiap saat. Mulai dari pendamping ngeteh atau ngopi, camilan buat nonton film di rumah hingga camilan sambil kerja. Agar dapat menikmati berbagai rasa yang lebih macam-macam, keripik singkong juga bisa ditaburi bubuk-bubuk bumbu.

Kue talam

Kue talam bisa dibuat dari singkong lho! Dengan tekstur lembut, adonan singkong untuk kue talam biasanya cenderung manis. Jangan lupa, untuk melengkapi cita rasa kue talam agar semakin kaya, dibagian atasnya diberi adonan gurih yang dibuat dari santan.

Baca juga: Tips memilih ikan tuna, biar dapat kualitas yang bagus

Stik singkong keju

Rebus singkong hingga matang kemudian haluskan. Campur dengan parutan keju, gula dan garam secukupnya serta sedikit tepung, uleni adonan hingga menyatu. Setelah dibentuk memanjang seperti stik, adonan bisa digoreng dalam minyak panas. Camilan ini bukan hanya digemari orang dewasa, tapi juga bisa dijadikan camilan untuk anak lho!

Ongol-ongol

Makanan yang satu ini juga terbuat dari bahan utama singkong. Merupakan makanan tradisional khas Jawa Barat, ongol-ongol dibuat dengan bahan tambahan tepung sagu, gula jawa serta beberapa bahan lainnya. Tak lupa, ongol-ongol biasanya disajikan dengan taburan kelapa parut di bagian luarnya.

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.
Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia