tips memasak steak ala resto bintang 5
Nggak kalah sama restoran bintang 5, ini tips bikin steak anti gagal

Nggak kalah sama restoran bintang 5, ini tips bikin steak anti gagal

24 December 2021

Steak termasuk salah satu makanan yang dianggap mewah dan spesial untuk beberapa orang. Selain dari bahan yang digunakan sendiri yaitu daging yang dianggap relatif mahal, cara memasaknya pun tak sedikit yang menganggapnya rumit. Tapi bisa juga lho kita membuat steak sendiri di rumah. Ini tips masak steak anti gagal ala Kitchen of Indonesia.

Pilih potongan yang tepat

Cara masak steak agar enak adalah dengan tidak memasaknya terlalu lama. Karena itu biasanya yang digunakan adalah jenis daging yang empuk dan mudah matang, seperti tenderloin, rib-eye atau sirloin. Jika ingin mengiris sendiri dari potongan daging yang besar, untuk membuat steak juga harus memperhatikan ketebalannya agar bisa matang sempurna. Umumnya, untuk steak butuh ketebalan daging sekitar 3-5 cm agar tidak terlalu tebal atau terlalu tipis.

Marinasi lebih dulu

Sebelum dimasak, marinasi daging terlebih dahulu. Biasanya tanpa memerlukan banyak bumbu, daging untuk steak sudah enak bahkan ada beberapa jenis daging yang tidak perlu dibumbui apa-apa terlebih dahulu sebelum dimasak selain garam dan lada. Meski begitu salah satu kelebihan dari marinasi sebelum dimasak adalah agar kelembaban daging terjaga selama proses masak, sehingga hasilnya tidak kering dan empuk.

Panaskan alat masak

Jangan terburu-buru memasak daging kalau alat masak yang akan digunakan belum panas. Untuk masak steak, alat masak paling simple yang bisa digunakan adalah teflon atau wajan anti lengket. Dengan begitu tingkat kematangan daging akan lebih mudah disesuaikan dengan keinginan. Warnanya pun tampak cantik dan kecoklatan.

tips dan trik membuat steak
Foto: thestayathomechef

Baca juga: MAKANAN INI BIASA ADA DI KONDANGAN, RELA ANTRI UNTUK YANG MANA

Tak perlu banyak minyak

Memasak daging steak tak memerlukan banyak minyak. Karena daging steak biasanya cukup memiliki lemak dan mengeluarkan minyak saat dimasak. Namun agar tak kering, mentega bisa dijadikan pilihan untuk membantu proses masak. Hanya saja karena mentega memiliki sifat yang mudah gosong, lebih baik menambahkan sedikit mentega saat steak hampir matang. Agar tidak memberi rasa gosong pada steak dan merusak citarasanya.

Resting sebelum disajikan

Agar citarasa dan tekstur daging steak lebih maksimal, sebaiknya resting atau istirahatkan daging terlebih dahulu sebelum disajikan. Biasanya butuh sekitar 5-10 menit agar daging lebih terasa juicy, empuk dan tidak kering. Agar lebih lezat disantap, beberapa orang suka menikmati daging steak dengan saus tambahan.

Selalu dapatkan info, tips dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.
Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia