menghilangkan bau amis ikan
Bau Amis Ikan Tak Lagi Mengganggu, Hilangkan Dengan Bahan Ini

Bau Amis Ikan Tak Lagi Mengganggu, Hilangkan Dengan Bahan Ini

4 September 2019

Salah satu penyebab orang tidak suka makan ikan adalah karena bau amisnya. Bukan hanya tercium saat diolah, tapi bau amis tersebut bisa saja tetap terasa saat dimakan. Padahal sudah diolah sedemikian rupa.

Tapi tak perlu khawatir lagi. Jika kamu merasa kesulitan menghadapi bau amis tersebut, kamu bisa coba hilangkan bau amis ikan dengan beberapa bahan ini.

Hilangkan Bau Amis Ikan Dengan Jahe

Jahe termasuk salah satu bahan penting dalam mengolah ikan. Bukan hanya sebagai bumbu masakan, tapi juga dapat digunakan untuk menghilangkan bau amis pada ikan. Caranya dengan melumuri ikan dengan parutan jahe selama sekitar 15 menit kemudian membilasnya dengan air bersih yang mengalir. Dengan begitu bau amis ikan pun akan hilang dan tergantikan dengan aroma jahe yang wangi.

Bukan Rahasia Umum, Jeruk Nipis Atau Jeruk Lemon Juga Bisa Hilangkan Amis Ikan

Jeruk nipis dan jeruk lemon bukan hanya punya aroma yang kuat, tapi juga punya rasa asam yang mampu mengalahkan bau amis ikan. Karena itu jeruk nipis sering dijadikan bahan campuran dalam memasak ikan.

Jika ingin menggunakannya untuk menghilangkan bau amis, kamu bisa lumuri ikan dengan air perasan jeruk nipis selama kurang lebih 15 menit kemudian membilasnya dengan air mengalir.

Baca Juga: Kesalahan Saat Mengolah Ikan, Mana Yang Paling Sering Kamu Lakukan?

Cuka Bukan Hanya Pelengkap Bumbu Masakan

Rendam ikan menggunakan cuka selama kurang lebih 10 menit. Kemudian bilas menggunakan air mengalir. Bau amis pada ikan pun hilang dalam sekejap.

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia