makanan kandungan air tinggi
Makanan tinggi kandungan air, biar tetap terhidrasi

Makanan tinggi kandungan air, biar tetap terhidrasi

22 March 2022

Tubuh membutuhkan cairan agar tetap terhidrasi. Selain dengan meminum air dalam jumlah cukup, mengonsumsi aneka makanan yang memiliki kandungan air tinggi juga akan sangat berarti untuk tubuh. Sehingga organ tubuh dapat bekerja dengan optimal dan kesehatan tubuh terjaga. Buah-buahan dan sayuran ini termasuk salah satu makanan yang memiliki kandungan air tinggi.

Semangka

Memiliki kandungan air sebanyak 92%, semangka berada di posisi atas dengan kategori buah yang kandungan airnya tinggi. Selain kaya akan cairan, semangka juga mengandung vitamin A, vitamin C serta magnesium yang baik untuk tubuh. Karena kandungan airnya yang cukup tinggi tersebut, buah semangka juga diyakini baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dan ibu menyusui.

Stroberi

Buah ini memang berukuran kecil. Tapi kandungan airnya mencapai 91%, lho! Meski terkadang rasanya sedikit asam, namun buah stroberi memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh. Vitamin C, asam folat, serat hingga antioksidan ada di dalam buah berwarna merah ini.

Jeruk

Memiliki kandungan air sekitar 88%, buah berwarna orange ini juga kaya akan vitamin C. Jika diperas, air perasan sebuah jeruk bisa mencapai sekitar 100 ml. Jika dikonsumsi secara tepat dan cukup, bukan hanya dapat mencegah dehidrasi, buah jeruk juga baik untuk kesehatan jantung.

Mentimun

Sering dijadikan lalapan, mentimun memiliki kandungan air hingga 95%. Selain untuk disantap, mentimun juga kerap dijadikan bahan untuk perawatan kulit dari luar. Mulai dari masker hingga untuk kompres mata. Hal ini karena kandungan yang dimiliki mentimun juga dapat membantu mencegah dan mengurangi iritasi.

Baca juga: CARA DAN TIPS MENGOLAH OKRA, SEHAT, LEZAT DAN NGGAK BERLENDIR

Selada

Sayuran yang kaya folat ini juga memiliki kandungan air yang cukup tinggi hingga mencapai 96%. Kandungan air yang tinggi di dalam selada dan seratnya, membuat selada jadi makanan yang dapat membantu membuat kenyang lebih lama.

Tomat

Si merah yang kaya vitamin ini juga tinggi akan kandungan air sehingga dapat membantu kebutuhan cairan dalam tubuh. Tak hanya itu, tomat juga baik untuk kesehatan jantung.

Selalu dapatkan info, tips dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.
Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia