burgo khas palembang
Makanan khas Palembang, ingin cicipi semuanya

Makanan khas Palembang, ingin cicipi semuanya

2 November 2021

Jangan dikira, makanan khas Palembang hanya ada pempek. Meski nyatanya menu tersebut memang cukup populer sebagai kuliner khas Palembang, tapi ada juga berbagai menu makanan lainnya yang tak kalah lezat. Wajib banget dicoba!

Tekwan

Adonan tekwan kerap kali dibilang mirip seperti pempek, hanya disajikan dengan cara berbeda. Kuahnya terbuat dari kaldu udang. Selain adonan bakso ikan tersebut, tekwan juga disajikan dengan mi putih dan taburan daun bawang sehingga semakin lezat dan lengkap.

tekwan makanan khas palembang
Foto: monicaisinthekitchen

Burgo

Menggunakan tepung beras dan tepung sagu, adonan tersebut dimasak dan dibuat seperti dadar gulung yang tipis kemudian dipotong-potong. Karena itu tampilan burgo sekilas nampak seperti kwetiau. Disajikan dengan kuah santan dan campuran bumbu khas, burgo yang punya cita rasa gurih ini sangat disukai banyak orang.

burgo khas palembang
Foto: tripzilla

Lakso

Hidangan khas Palembang yang satu ini kerap disebut mirip seperti burgo dengan mi yang berbeda. Dengan rasa yang juga lezat dan gurih, lakso cukup berhasil menggugah selera.

lakso makanan khas palembang
Foto: SINDOnews/Dede Feb

Baca juga: BERBAGAI MACAM HIDANGAN MI KHAS INDONESIA, SEMUANYA ENAK

Martabak

Martabak memang jajanan yang cukup mudah ditemukan di banyak tempat. Tapi martabak Palembang ini cukup unik dan berbeda. Karena biasanya martabak di sini dinikmati dengan kuah seperti kari berwarna kuning yang gurih. Bisa bikin susah berhenti mencicipinya.

martabak HAR palembang
Foto: instagram/thea_widyastutie

Kemplang

Kuliner khas Palembang lainnya yang harus dicicipi adalah kemplang. Kerupuk khas Palembang yang biasanya dinikmati dengan cocolan sambal khas. Tak jarang kemplang juga dijadikan camilan sembari menikmati kopi.

kemplang
Foto: fith_ummubakr
Selalu dapatkan info, tips dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.
Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia