halua kenari
Makanan khas Bitung, gambar kuliner Indonesia yang kaya ragam

Makanan khas Bitung, gambar kuliner Indonesia yang kaya ragam

Bitung punya kuliner yang sangat beragam. Mulai dari yang manis hingga gurih. Kira-kira apa saja kuliner khas Bitung yang wajib dicoba?

Panada

Panada merupakan kue yang diisi dengan ikan cakalang, dicampur dengan parutan pepaya muda. Untuk ikan cakalang dimasak dengan rasa pedas terlebih dahulu. Saat dimakan rasa dari kulit dan isi kue ini menyatu di mulut, menciptakan sensasi rasa yang enak, pedas dan unik. Jika sudah mencoba sekali, pasti akan nambah lagi. Makanan ini bisa kamu nikmati saat jalan-jalan mengelilingi kota Bitung bareng teman, keluarga atau rekan kerja kamu. Bentuknya mirip dengan jalangkote (makanan khas Makassar) atau pastel. Bedanya rasa dan isinya yang memiliki khas tersendiri. Kamu harus coba, harga yang ditawarkan pun cukup murah. Mulai dari Rp1.250,- saja kamu sudah bisa menikmatinya. Semakin mahal harga panada, maka isi kuenya juga semakin banyak.

panada makanan khas bitung
Foto: Pinterest/Nita Kurniasari

Halua Kenari

Makanan khas kota Bitung yang pertama adalah Halu Kenari. Sesuai dengan namanya, makanan ini berbahan dasar kacang kenari. Maka dari itu, selain rasanya lezat juga menyehatkan.

Halu kenari adalah kue kering yang dibuat dari kacang kenari yang dilapisi dengan gula jawa atau gula merah. Setelah itu dimasukkan ke dalam adonan dengan menggunakan bumbu khusus.

halua kenari
Foto: IndonesiaKaya

Pala Manis

Orang sering menggunakan biji pala sebagai bahan rempah-rempah untuk masakan mereka. Rasa masakan yang dihasilkan pun begitu nikmat setelah dicampur dengan biji pala. Nah, selain biji pala apakah kamu pernah merasakan buah pala? Apalagi yang dijadikan makanan. Hhhmmm…..pasti belum kan! Nah, ini dia salah satu makanan khas daerah Minahasa yang harus kamu coba. Pala manis, buah pala diolah dengan cairan gula sebagai pemanis. Nah, dari gula inilah akan terkesan efek kilap pada makanan tersebut. Biasanya pala manis dibandrol dengan harga Rp40.000,00 tiap bungkus. Kamu bisa mendapatkan pala manis ini di berbagai toko pusat oleh-oleh atau di sekitar pelabuhan Bitung.

pala manis khas bitung
Foto: Istimewa

Baca juga: Kesalahan memasak telur yang sering dilakukan, kamu salah satunya?

Kacang Goyang

Terdapat satu daerah Bitung yang terkenal sekali menjadi lokasi pembuatan kacang khas Bitung ini. Daerah tersebut adalah Kecamatan Kotamobagu Selatan. Kacang goyang ini menjadi jajanan yang terkenal di Sulawesi Utara. Seperti nama yang diberikan, proses pembuatan kacang ini harus digoyang-goyang.

Kacang goyang ini terbuat dari bahan dasar tanah yang dilumuri dengan coklat van houten, gula putih, dan juga zat pewarna makanan. Kacang goyang sering dibeli oleh wisatawan sebagai karena enak dengan bentuk, tekstur, dan warnanya yang beragam sehingga membuat makanan ringan ini menarik perhatian banyak orang.

kacang goyang
Foto: Istimewa

Cakalang Fufu

Bagi Anda yang menyukai makanan pedas, maka oleh-oleh olahan ikan Khas MInahasa ini akan menjadi rekomendasi untuk Anda selanjutnya. Cakalang fufu merupakan makanan khas Manado yang terbuat dari ikan cakalang. Ikan cakalang ini diolah dengan diberi bumbu, diasap, lalu kemudian dijepit dengan kerangka bambu.

Ikan cakalang ini banyak sekali dijumpai di pelabuhan nelayan Bitung. Proses pengasapan ikan ini membutuhkan waktu sekitar 4 jam. Orang Manado menyebut proses ini sebagai fufu sehingga makanan ini dinamai Cakalang Fufu. Anda dapat mendapatkan ikan ini dengan harga kisaran antara 35.ooo hingga 65.000 rupiah tergantung dari besar ukuran ikan ini.

cakalang fufu khas bitung
Foto: wikipedia
Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.
Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia