acar untuk pendamping olahan daging
Makanan dan minuman pendamping olahan daging, biar lebih seimbang

Makanan dan minuman pendamping olahan daging, biar lebih seimbang

19 July 2021

Makanan-makanan dengan olahan daging cukup digemari oleh banyak orang Indonesia. Rasanya gurih. Nah supaya hidangan-hidangan ini lebih lezat saat disantap, ada beberapa makanan dan minuman yang cocok dijadikan pendamping.

Emping

Makanan ringan ini bisa dibilang satu jenis dengan kerupuk. Namun bahannya terbuat dari biji melinjo. Teksturnya yang renyah, dengan rasa yang sedikit pahit, sangat cocok dijadikan pendamping makanan dengan olahan daging seperti gulai kambing.

emping makanan pelengkap olahan daging

Foto: Shutterstock/Oen Michael

Acar

Biasanya dibuat dari timun, wortel, bawang serta cabai. Bahan-bahan makanan tersebut dicampur dengan cuka dan air garam sehingga jadi lebih awet dan cukup tahan lama. Biasanya makanan ini dijadikan sebagai makanan pendamping dalam beberapa menu makanan Indonesia.

acar untuk pendamping olahan daging

Foto: kaskus/pusparum7

Sambal

Wah, siapa yang tak kenal dengan side dish yang satu ini? Bagi orang Indonesia, sambal sudah jadi pendamping untuk berbagai menu makanan Indonesia. Terbuat dari cabai rawit sebagai bahan utama, sambal membuat makanan jadi lebih pedas dan tak monoton. Jadi lebih kaya rasa deh!

sambal cabai rawit pendamping gulai

Foto: Istimewa

Baca juga: Gulai kambing, tanpa santan lebih rendah kolesterol tetap enak lho!

Jus buah

Setelah menyantap makanan-makanan berlemak dan berkolesterol, ada baiknya kalau ditutup dengan minuman yang lebih sehat seperti jus buah. Tapi usahakan untuk tidak menambahkan gula atau pemanis tambahan lain, supaya lebih sehat dan kandungan nutrisinya dapat diserap dengan baik oleh tubuh.

jus buah

Foto: Istimewa

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.
Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia