opor bola-bola
Makan enak lebih sehat dengan beberapa tips ini

Makan enak lebih sehat dengan beberapa tips ini

25 April 2022

Menjelang lebaran kita biasanya menyiapkan aneka makanan yang akan disajikan saat hari raya tiba. Mulai dari kue kering hingga menu makanan utama. Tak jarang hidangan-hidangan tersebut tinggi kolesterol dan lemak. Sehingga jika dikonsumsi dalam jumlah banyak akan kurang baik bagi kesehatan. Nah berikut beberapa tips untuk menyajikan makanan yang lebih sehat saat lebaran nanti.

Batasi santan

Santan termasuk salah satu bahan masakan yang penting dalam makanan khas lebaran. Biasanya digunakan dalam menu-menu lebaran seperti opor atau kare. Karena kandungan lemaknya yang cukup tinggi, terlalu banyak mengonsumsi santan bisa kurang baik untuk tubuh. Sehingga penggunaannya perlu dibatasi. Namun agar rasa makanan tetap lezat dan gurih, santan bisa dicampur dengan susu skim atau susu tanpa lemak. Rasa makanan tetap lezat, namun diyakini lebih sehat.

Perbanyak sayur dan buah

Sayur dan buah mengandung banyak vitamin yang baik dan dibutuhkan oleh tubuh. Perbanyak mengonsumsi sayur dan buah agar asupan yang masuk ke dalam tubuh lebih seimbang dan sehat. Menyajikan sayur sup saat lebaran juga bukan ide yang buruk lho!

Baca juga: Ikonik kue kering khas lebaran, favorit banyak orang

Ganti jenis beras

Beras putih yang biasa kita konsumsi mengandung gula lebih tinggi dibanding jenis beras yang lain seperti beras merah. Kandungan lain yang ada di beras merah juga tak kalah baik. Karena itu nasi merah bisa dijadikan opsi untuk pengganti nasi putih saat disajikan di hari raya.

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.
Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia