air dohot khas tanjungpinang
Kuliner khas Tanjung Pinang, bikin susah move on banget

Kuliner khas Tanjung Pinang, bikin susah move on banget

11 January 2022

Tanjung Pinang termasuk salah satu kota besar di Kepulauan Riau. Uniknya, Tanjung Pinang banyak dipengaruhi oleh budaya Melayu, termasuk kuliner khas Tanjung Pinang. Dari sekian banyak makanan khas Tanjung Pinang, setidaknya beberapa hidangan ini wajib banget dicoba. Apa saja ya?

Kopi sekanak

Mengunjungi Tanjung Pinang akan sangat disayangkan kalau melewatkan kesempatan untuk mencicipi kopi sekanak. Apalagi kalau kamu penggemar kopi. Pasalnya, kopi yang hanya bisa ditemukan di Tanjung Pinang ini punya rasa unik karena dipadukan dengan aneka macam rempah. Dengan campuran susu kambing dan madu, kopi sekanak juga diaduk menggunakan kayu manis. Sangat menarik untuk dicoba bukan?

kopi sekanak khas tanjung pinang
Foto: twitter/kopisekanak

Bingke kembang

Disebut bingke kembang karena camilan tradisional ini memiliki bentuk menyerupai bunga atau kembang. Citarasanya manis dan gurih, bingke kembang memiliki tekstur yang sangat lembut mirip kue lumpur. Kue ini sangat cantik dengan warna hijau dan aroma pandan yang kuat.

bingke kembang pandan khas tanjung pinang
Foto: ellyelvons

Luti gendang

Cenderung punya rasa gurih, luti gendang jadi salah satu jajanan khas Tanjung Pinang yang sangat populer dan disukai banyak orang. Terbuat dari roti yang digoreng, luti gendang biasanya berisi daging ikan tuna yang sudah diolah. Belakangan, camilan ini mulai banyak dikreasikan dengan berbagai isian yang citarasanya lebih beragam.

luti gendang camilan khas tanjung pinang
Foto: jktfoodbang

Bilis gulung

Selain disebut bilis gulung, jajanan ini juga memiliki nama lain, angko bilis. Teksturnya renyah dan garing, bilis gulung memiliki rasa gurih karena menggunakan santan alami dari kelapa asli. Bilis gulung juga termasuk salah satu jajanan yang punya daya tahan lama sehingga bisa disimpan dalam jangka waktu yang cukup lama.

bilis gulung kuliner khas tanjung pinang
Foto: msyidach

Baca juga: BELUM KE JAKARTA KALAU BELUM COBAIN MAKANAN INI, KHAS BETAWI BANGET

Mie tarempa

Tanjung Pinang juga punya olahan mi yang khas yaitu, mie tarempa. Mie ini memiliki rasa yang unik khas ikan laut seperti ikan tongkol dengan kuah yang pedas. Bumbu rempahnya pun cukup kuat dan khas sehingga semakin membuat mie tarempa terasa lezat.

mie tarempa makanan khas tanjung pinang
Foto: tengkushafick

Gonggong

Kuliner khas Tanjung Pinang yang satu ini bisa dibilang sangat unik. Bentuknya menyerupai siput. Kerang dengan cangkang berwarna putih yang disebut gonggong ini hanya bisa didapatkan di Tanjung Pinang, lho! Biasanya gonggong dimasak dengan cara direbus kemudian dimakan dengan sambal spesial sebagai cocolan.

gonggong khas tanjung pinang
Foto: tripadvisor

Air dohot

Dari nama dan tampilannya, menu ini sangat unik. Dibuat dari buah-buahan kering seperti kurma, kelengkeng, kesemat serta aneka buah lainnya yang direbus, air rebusan tersebut kemudian diberi tambahan gula batu sebagai pemanis. Selain rasanya yang enak dan unik, air dohot juga diyakini dapat membantu menghilangkan panas dalam, lho!

air dohot khas tanjungpinang
Foto: ensiklopedi.dapurrakyat.id

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia