laksa tangerang makanan khas tangerang
Kuliner khas Tangerang, harga terjangkau tak jauh dari Ibu Kota

Kuliner khas Tangerang, harga terjangkau tak jauh dari Ibu Kota

6 January 2022

Salah satu kota sibuk dan padat di Indonesia, Tangerang pun punya berbagai macam makanan dan kuliner khas Tangerang yang tak kalah lezat dengan kuliner kota lain. Terletak tak jauh dari Ibu Kota, aneka kuliner khas Tangerang ini harganya juga cukup terjangkau.

Gecom

Gecom merupakan singkatan dari tauge dan oncom, yang digunakan sebagai bahan utama dalam menu ini. Gecom termasuk salah satu makanan khas Tangerang yang sangat diburu karena begitu spesial dan mungkin tidak bisa didapatkan di lain tempat. Dimasak dengan bumbu khas, gecom juga disajikan dengan kecap manis sehingga citarasanya pun semakin kaya.

gecom tauge oncom khas tangerang
Foto: kmk312meettaa

Pindang bandeng

Tangerang termasuk salah satu kota di Indonesia yang memiliki beberapa jenis kuliner dengan menggunakan ikan bandeng sebagai bahan dasarnya. Salah satunya pindang bandeng.

Olahan ikan bandeng yang dimasak berkuah dengan bumbu pindang ini memiliki citarasa yang gurih, pedas serta asam dari belimbing atau asam jawa yang digunakan.

pindang bandeng makanan tradisional indonesia
Foto: lina_wijayaa

Kue jojorong

Camilan khas Tangerang yang satu ini merupakan kue tradisional yang tak boleh dilewatkan. Proses pembuatannya pun sangat tradisional. Dibuat dengan tepung beras, tepung tapioka serta gula merah, kue jojorong memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang manis.

kue jojorong khas tangerang
Foto: pawon_ibuyayah

Sayur besan

Namanya memang cukup unik. Menu ini merupakan menu yang biasa disajikan untuk orang tua mempelai pria (besan) saat datang ke rumah orang tua mempelai wanita.

Sayur-sayuran seperti buncis, petai serta terubuk dimasak dengan bumbu khas dan disajikan dengan soun. Santan yang digunakan sebagai bahan kuah, membuat sayur besan terasa gurih dan spesial.

sayur besan khas tangerang
Foto: provitcatering

Baca juga: KULINER KHAS BATAM, BIKIN HATI BERBUNGA MENIKMATI KELEZATANNYA

Nasi sumsum

Nasi bakar memang salah satu makanan yang bisa dengan mudah didapatkan di mana-mana. Tapi nasi bakar yang satu ini cukup berbeda dan unik karena dimasak dengan menggunakan sumsum sapi atau kerbau sebagai bahan dasarnya. Rasa gurih dan aroma khas sumsumnya semakin menggugah selera dengan aroma daun saat dibakar.

nasi sum-sum
Foto: instagram/ridhokelana_

Laksa Tangerang

Laksa memang salah satu kuliner yang biasa kita dengar sebagai makanan khas Singapura. Tapi ternyata tak perlu jauh-jauh, karena Tangerang juga punya laksa sebagai salah satu kuliner khasnya.

Menggunakan mi yang terbuat dari tepung beras, laksa Tangerang biasanya disajikan dengan kuah bumbu kuning, daging ayam, telur dan taburan daun kucai.

laksa tangerang makanan khas tangerang
Foto: rusli_ismaya

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia