sate gurita makanan khas sabang
Kuliner khas Sabang, kota paling utara di Indonesia

Kuliner khas Sabang, kota paling utara di Indonesia

24 March 2022

Berada di paling utara Indonesia, Kota Sabang memiliki wisata bahari yang begitu menawan dan memikat hati. Keunikan wisata kulinernya pun cukup membuat penasaran. Di antara segudang kuliner khas Sabang yang menggugah selera, berikut beberapa yang sayang dilewatkan.

Mie sedap

Namanya memang terdengar seperti nama merek mi instan. Tapi kuliner khas Sabang yang satu ini termasuk salah satu makanan yang resepnya sudah diwariskan secara turun temurun. Mie yang digunakan pun mie homemade yang dibuat sendiri tanpa campuran bahan pengawet. Biasanya mie ini disajikan dengan topping daging ikan dan siraman kuah kaldu ayam. Rasanya sangat khas dan otentik, sehingga sulit didapatkan di lain tempat dan sayang untuk dilewatkan.

mie sedap khas sabang
Foto: eka.adika

Mie jalak

Mie ini termasuk salah satu makanan khas Sabang yang cukup populer. Namanya diambil dari nama orang yang pertama kali membuatnya, Pak Jalak. Dengan mie berwarna kuning dan kuah bening, sajian mie ini mencampurkan tauge dan daging ikan yang dipotong-potong kecil seperti dadu. Tak lupa potongan daun bawang juga ditambahkan sehingga warna dan rasanya lebih menarik.

mie jalak kuliner khas sabang
Foto: wanda_hp

Rujak buah

Rujak buah memang mudah didapatkan di berbagai tempat. Tapi rujak buah yang satu ini cukup unik dan berbeda. Dikenal dengan nama rujak tugu 0 kilometer, rujak ini menggunakan buah rumbia yang dihaluskan dengan bumbu rujak sehingga rasa bumbunya sedikit sepat. Dipadukan dengan gula merah dan cabai, kelezatan rujak buah ini sangat sayang dilewatkan.

rujak buah khas sabang
Foto: Istimewa

Baca juga: 5 KULINER KHAS JAYAPURA, TERKENAL MANTAP DAN MENGESANKAN

Sate gurita

Biasanya kuliner sate dari daerah lain menggunakan daging sapi atau ayam sebagai bahan utamanya. Namun di Sabang, sate yang cukup khas adalah sate gurita. Disajikan dengan sambal kacang atau sambal bumbu padang, sate gurita biasanya juga dinikmati dengan lontong.

sate gurita makanan khas sabang
Foto: indonesiakaya

Mie pingsun

Kuliner khas Sabang memang banyak yang jenisnya menggunakan mie. Selain mie jalak dan mie sedap, mie pingsun juga salah satu kuliner khas Kota Sabang yang wajib dicicipi. Salah satu keunikan mie ini adalah topping-nya yang menggunakan aneka seafood, mulai dari cumi-cumi, udang hingga ikan. Tambahan sayur membuat mie pingsun semakin lezat dan menggoda. Tertarik mencobanya?

mie pingsun kuliner sabang
Foto: Istimewa

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia