lemang camilan khas palangkaraya
Kuliner khas Palangkaraya, lezatnya tak tertandingi

Kuliner khas Palangkaraya, lezatnya tak tertandingi

14 December 2021

Citarasa makanan tradisional khas Palangkaraya menjadi deretan kuliner yang tak boleh dilewatkan. Apalagi masyarakat dan budaya Palangkaraya banyak dipengaruhi suku Dayak, Banjar, Jawa, dan Tionghoa. Sehingga rasa dan jenis hidangannya pun cukup beragam dan unik. Beberapa kuliner khas Palangkaraya ini harus banget dicoba.

Jelawat

Nama ikan jelawat memang cukup jarang didengar. Ikan ini memang termasuk ikan yang mudah ditemukan di sungai-sungai daerah Kalimantan, namun tidak di daerah lain. Diolah menjadi berbagai menu, ikan jelawat selalu digemari. Salah satunya digoreng dengan tepung, sehingga rasanya gurih dan renyah.

jelawat makanan khas palangkaraya
Foto: serpongfoodie

Wadi patin

Salah satu olahan khas Palangkaraya yang cukup unik dan patut dicoba adalah wadi patin. Menggunakan ikan patin yang difermentasi, wadi patin cukup populer dan digemari oleh masyarakat. Biasanya olahan ini disajikan dengan cara digoreng atau dikukus. Nasi hangat dan sambal jadi pendamping yang tak boleh dilupakan.

wadi patin khas palangkaraya
Foto: yulianabundan

Kue gagatas

Camilan tradisional khas Palangkaraya ini mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional daerah Kalimantan. Terbuat dari tepung beras ketan, kue gagatas dilapisi gula pada bagian luarnya. Rasanya pun manis, sangat cocok untuk camilan santai sambil ngopi atau ngeteh.

kue gegatas khas palangkaraya
Foto: ratnaanamyui121519

Keripik kalakai

Tanaman kalakai termasuk tanaman yang banyak tumbuh di hutan tropis Kalimantan. Tanaman ini pun diyakini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Karena itu kalakai banyak dimanfaatkan sebagai makanan, termasuk menjadi keripik. Dilapisi adonan tepung dan bumbu, keripik kalakai digoreng dengan minyak panas. Rasanya gurih, keripik kalakai juga renyah.

keripik kelakai khas palangkaraya
Foto: indonesiakaya

Baca juga: KULINER KHAS BATAM, BIKIN HATI BERBUNGA MENIKMATI KELEZATANNYA

Lemang

Lemang termasuk salah satu makanan khas Palangkaraya yang bisa didapatkan dengan mudah di berbagai daerah di Kalimantan. Terbuat dari beras ketan, lemang dibuat berbentuk lontong atau ketupat. Biasanya lemang dijadikan sebagai pengganti nasi, sehingga bisa dinikmati dengan berbagai macam lauk-pauk. Bahkan dalam acara-acara penting, lemang jadi salah satu sajian yang wajib hadir.

lemang camilan khas palangkaraya
Foto: Shutterstock

Juhu umbut rotan

Pernah mencoba mencicipi rotan untuk dimakan? Kalau belum, saat berkunjung ke Palangkaraya sebaiknya tak melewatkan kesempatan untuk mencicipinya deh. Diolah dengan aneka rempah dan kuah santan, sajian juhu umbut rotan ini memiliki daya tarik yang cukup unik dan khas.

juhu umbut rotan khas palangkaraya
Foto: mayafebrianty

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia