kuliner khas mataram
Kuliner khas Mataram, legendaris dan best banget

Kuliner khas Mataram, legendaris dan best banget

30 May 2022

Kota Mataram termasuk salah satu kota di Nusa Tenggara Barat yang terkenal akan surga kulinernya. Di antara sekian banyak makanan khas Mataram yang lezat, beberapa kuliner khas Mataram ini legendaris dan best banget. Wajib dicoba!

Ayam taliwang

Ayam taliwang merupakan kuliner paling populer di Mataram yang wajib dicoba. Bukan cuma lezat dan dibuat dengan bumbu yang sangat khas, ayam taliwang yang dimasak dengan cara dibakar menggunakan kayu bakar dulunya merupakan hidangan keluarga Kerajaan Mataram. Sebelum kemudian berubah dan bisa dikonsumsi oleh seluruh masyarakan Mataram. Selain dibakar, ayam taliwang juga kerap dimasak dengan cara digoreng.

ayam taliwang khas mataram
Foto: whattocooktoday

Sate rembiga

Kota Padang punya sate Padang yang sangat populer. Tak kalah, Kota Mataram juga punya sate yang khas. Sate rembiga. Biasanya sate rembiga dibuat menggunakan daging sapi yang dipotong-potong dan ditumbuk supaya empuk. Uniknya, sate yang dibumbui dengan bawang putih, cabai merah, gula merah dan terasi ini, tidak disajikan dengan saus. Direndam selama kurang lebih 2 jam membuat daging sate rembiga ini sudah terasa lezat meski dimakan tanpa saus apapun.

kuliner khas mataram
Foto: instagram/nasibalappuyung_rmmataramm

Ayam rarang

Selain ayam taliwang, Kota Mataram juga punya makanan khas lainnya dengan menu ayam. Ayam rarang. Sekilas bumbu ayam rarang tampak seperti ayam balado. Namun setelah dicicipi rasanya tentu berbeda, karena ayam rarang menggunakan racikan bumbu yang khas. Ayam yang digunakan pun ayam kampung yang masih muda. Dibakar dengan kayu bakar, membuat ayam rarang punya rasa yang sangat khas dan unik.

Foto: instagram/foodierecommend

Baca juga: Aneka sambal khas Indonesia, praktis banget tanpa diuleg

Sambal encim

Racikan sambal tradisional ini tak boleh dilewatkan. Apalagi buat kamu pecinta sambal. Varian rasa dari sambal ini pun cukup beragam. Mulai dari sambal terasi taliwang, sambal ebi, sambal ikan asap hingga sambal rumput laut dan lain-lain. Dikemas dalam botol kecil, sambal encim pun bisa dijadikan oleh-oleh yang cukup diburu.

Foto: instagram/sambalencim

Kopi prabe

Nusa Tenggara Barat tak kalah dengan daerah-daerah lain di Indonesia yang menghasilkan kopi khas. Salah satunya yang terkenal adalah kopi prabe, karena berasal dari dusun Prabe. Dibuat dengan cara tradisional, kopi prabe memiliki aroma yang sangat khas tanpa bahan campuran. Kopi ini banyak dijual di warung-warung kopi di Mataram.

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.
Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia