sate kelinci jajanan khas malang
Kuliner khas Malang, legendaris sepanjang masa

Kuliner khas Malang, legendaris sepanjang masa

10 November 2021

Malang termasuk salah satu kota wisata yang jadi jujukan banyak orang. Bukan cuma tempat pariwisatanya yang menarik dan beragam, tapi kulinernya pun cukup menggoda iman. Apalagi banyak kuliner khas Malang yang legendaris dari jaman dulu bertahan hingga sekarang.

Cwie Mie

Kuliner khas Malang yang satu ini sekilas mirip seperti mi pangsit pada biasa. Namun yang spesial adalah topping daging ayamnya yang halus seperti abon, bukan potongan seperti mi ayam pada umumnya. Di dasar mangkoknya pun dialasi dengan daun selada.

kuliner khas malang cwie mie
Foto: pinterest/melcarolina

Orem-orem

Makanan ini cukup unik karena begitu khas dan hampir susah ditemukan. Menggunakan kuah kaldu ayam dengan isian tempe dan ayam, orem-orem biasa dinikmati dengan lontong. Dengan kuah berwarna kuning, sekilas hidangan ini mirip dengan lodeh. Tak jarang, telur asin ditambahkan sebagai lauk pelengkap untuk membuat orem-orem yang punya citarasa pedas gurih ini lebih sempurna.

orem-orem khas malang
Foto: Pinterest/melcarolina

Ketan Bubuk

Ketan bubuk termasuk salah satu camilan khas Malang yang cukup legendaris. Dengan citarasa tradisional, ketan bubuk bahkan sudah digemari sejak tahun 60-an. Pilihan topping-nya yang cukup beragam, membuat kita bisa menikmati sajian ketan ini dengan beraneka macam citarasa, mulai dari manis, gurih hingga pedas.

ketan bubuk khas malang
Foto: instagram/immawasis

Bakso

Siapa yang tak kenal dengan makanan yang satu ini? Meski ada di hampir seluruh daerah, namun belum lengkap rasanya kalau berlibur ke Malang tapi belum menikmati baksonya. Lengkap dengan gorengan pangsit, siomay, tahu dan bakso dagingnya, bakso Malang terkenal gurih dan lezat. Ada juga bakso bakar yang sayang untuk dilewatkan.

makanan khas malang bakso
Foto: instagram/thickaperempuan

Baca juga: 4 TEMPAT BAKSO BAKAR YANG HARUS DIKUNJUNGI SAAT KE MALANG

Rawon

Rawon juga termasuk salah satu makanan khas Malang yang wajib dicoba. Salah satu yang sangat populer dan legendaris adalah rawon nguling yang sudah ada sejak tahun 1983. Gurih dan manis, rawon ini memiliki kuah yang tak terlalu pekat. Ditambah kecambah mentah dan telur asin, rawon semakin sayang untuk dilewatkan.

rawon nguling khas malang
Foto: instagram/e_ndro

Sate Kelinci

Kalau kamu ingin menikmati sate dengan citarasa yang unik dan berbeda, sepertinya kamu harus mencoba sate kelinci saat mengunjungi Malang. Dagingnya empuk, sate kelinci memiliki tekstur yang bisa dibilang mirip seperti ayam. Dengan bumbu kacang yang khas, sate kelinci sangat pas dinikmati saat cuaca dingin.

sate kelinci jajanan khas malang
Foto: instagram/e_ndro

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia