sate pokea khas kendari
Kuliner khas Kendari, menggugah selera dan bikin ketagihan

Kuliner khas Kendari, menggugah selera dan bikin ketagihan

29 March 2022

Berada di Sulawesi Tenggara, Kendari jadi salah satu kota yang penuh daya tarik. Punya kesempatan berkunjung ke sana, tentu sayang sekali melewatkan kesempatan mencicipi kuliner khas Kendari yang sangat lezat dan menggugah selera.

Sinonggi

Makanan yang satu ini jadi salah satu makanan khas Kendari yang tentu tak boleh dilewatkan. Merupakan makanan asli Suku Tolaki, sinonggi merupakan makanan yang dibuat dengan menggunakan sari pati sagu. Diolah dengan aneka rempah-rempah dan bumbu khas, sinonggi punya cita rasa gurih dan lezat. Biasanya sinonggi disajikan dengan ikan dan sayur sebagai makanan utama. Mosonggi, merupakan tradisi Suku Tolaki yang wajib menghadirkan sinonggi untuk dinikmati bersama-sama.

sinonggi kuliner khas kendari
Foto: Istimewa

Sate pokea

Sate yang satu ini menggunakan kerang sebagai bahan utamanya. Sate kerang pokea ini biasanya dinikmati dengan gogos, yaitu olahan beras ketan yang bentuknya seperti lemper. Dimasak dengan bumbu khas, sate kerang pokea disajikan dengan bumbu kacang asam manis dan pedas. Agar tak menyesal, jangan lupa cicipi sate ini saat mengunjungi Kendari.

sate pokea khas kendari
Foto: saraswatiodehura

Ikan dole

Bukan nama jenis ikan, ikan dole merupakan kuliner Kendari yang terbuat dari ikan tenggiri. Dicampur dengan parutan kelapa muda, adonan ini kemudian dimasak dengan cara digoreng hingga kecoklatan. Rasanya gurih, ikan dole biasanya dinikmati dengan aneka menu khas Kendari lainnya.

ikan dole khas kendari
Foto: valedarmo

Baca juga: 5 KULINER KHAS JAYAPURA, TERKENAL MANTAP DAN MENGESANKAN

Kapusu nosu

Makanan yang satu ini merupakan bubur yang dibuat menggunakan kacang merah dan jagung sebagai bahan utamanya. Tambahan santan dan sedikit garam, membuat bubur yang memiliki tekstur lembut ini juga memiliki rasa gurih. Dinikmati saat masih hangat, membuat bubur ini semakin terasa lezat.

kapusu nosu khas kendari
Foto: Bukalapak

Kabuto

Dibuat menggunakan singkong dan ubi, kabuto jadi camilan khas Kendari yang cocok disantap saat pagi hari. Makanan yang disajikan dengan parutan kelapa ini biasanya juga disantap dengan ikan asin goreng. Biasanya kabuto menjadi maknaan pengganti nasi.

kabuto jajanan khas kendari
Foto: ksmtour

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia