ampiang dadiah khas bukittinggi
Kuliner khas Bukittinggi, sayang banget dilewatkan

Kuliner khas Bukittinggi, sayang banget dilewatkan

19 April 2022

Berkesempatan mengunjungi Bukittinggi sangat disayangkan kalau tidak menyempatkan diri untuk mencicipi wisata kulinernya. Makanan khas Bukittinggi punya citarasa yang khas dan bumbu yang lezat. Di antaranya, berikut beberapa kuliner khas Bukittinggi yang sayang dilewatkan.

Nasi kapau

Salah satu makanan khas Bukittinggi yang populer adalah nasi kapau. Terdiri dari nasi, aneka lauk pauk yang khas seperti gulai cincang, babat, usus, telur ayam, dendeng balado dan lainnya serta sambal, nasi kapau juga kerap disebut sebagai nasi rames khas Nagari Kapau, Bukittinggi. Sepintas nasi kapau tampak seperti nasi padang. Namun lauk nasi Kapau biasanya berwarna lebih terang dibanding bumbu lauk di nasi Padang.

nasi kapau khas bukittinggi
Foto: instagram/kapauanaksultan.id

Ampiang dadiah

Ampiang dadah adalah makanan khas Bukittinggi yang merupakan kombinasi dari emping dan yogurt. Biasanya emping yang digunakan berasal dari beras ketan, bukan melinjo. Dengan bahan yang digunakan, ampiang dadah diyakini baik untuk kesehatan tubuh dan menjaga daya tahan tubuh.

ampiang dadiah khas bukittinggi
Foto: bbc

Karupuak kuah

Bukittinggi memiliki makanan khas yang menggunakan kerupuk lebar atau opak. Kerupuk ini terbuat dari singkong atau beras yang kemudian di bagian atasnya disiram dengan kuah sate Padang yang dilengkapi dengan sambal dan bihun. Penyajian tersebut yang membuat karupuak kuah berbeda dengan kerupuk atau opak pada umumnya.

Baca juga: Kuliner khas Kendari, menggugah selera dan bikin ketagihan

Itiak Lado Mudo Ngarai

Bukittinggi juga punya makanan khas yang menggunakan bebek sebagai menu utamanya. Dimasak dengan sambal hijau, itiak lado mudo ngarai, bisa dimasak dengan cara dibuat rendang/balado dan gulai. Menikmatinya dengan nasi putih, bisa-bisa kita tak berhenti makan karena saking lezatnya.

Itik Lado Mudo Ngarai
Foto: kompasiana

Pisang kapik

Menggunakan pisang kepok, pisang kapik diolah dengan cara dibakar di atas bara api kemudian dijepit hingga gepeng dan pipih. Pisang kapik kemudian disajikan dengan topping parutan kelapa yang ditabur dan campuran gula merah. Citarasa manis dari makanan ini, menjadikannya cocok untuk teman santai sambil menikmati kopi.

pisang kapik ala bukittinggi
Foto: Pungky Sudrajat

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia