mie sagu khas batam
Kuliner khas Batam, bikin hati berbunga menikmati kelezatannya

Kuliner khas Batam, bikin hati berbunga menikmati kelezatannya

1 December 2021

Sebagai salah satu kota yang dekat dengan negara tetangga, Batam termasuk kota yang didatangi banyak orang dari berbagai tempat. Hal ini membuat Batam memiliki citarasa kuliner yang dipengaruhi banyak budaya. Di antara berbagai makanan tradisional kuliner khas Batam, beberapa hidangan ini termasuk yang wajib dicoba.

Nasi dagong

Berkuliner ke Batam harus banget nih nyobain nasi dagong yang sangat unik ini. Nasi putihnya dimasak dengan bumbu rempah khas kemudian disajikan dengan dagong alias daging gonggong, sejenis siput yang disebut-sebut hanya bisa ditemukan di Kepulauan Riau. Sangat khas, kamu mungkin tak akan bisa menemukan makanan yang satu ini di luar Batam.

nasi dagong khas batam
Foto: Istimewa

Otak-otak Batam

Otak-otak termasuk salah satu jajanan tradisional Indonesia yang banyak ditemukan di berbagai daerah. Salah satunya di Batam. Namun biasanya otak-otak tiap daerah ini memiliki ciri khasnya masing-masing. Di Batam, otak-otak biasanya menggunakan ikan makarel sebagai bahan dasarnya. Diolah dengan tepung segu, santan dan telur, adonan yang dibumbui bawang putih ini dibungkus dengan daun pisang dan dimasak dengan cara dibakar.

otak-otak batam camilan khas batam
Foto: tripadvisor

Tapis

Letaknya yang berada di wilayah kepulauan membuat Batam punya banyak kuliner yang identik dengan seafood. Tapis, jadi salah satu seafood yang sangat sayang untuk dilewatkan. Sejenis kerang laut dengan ukuran besar, tapis biasanya dinikmati dengan cabai rawit.

kerang tapis kuliner khas batam
Foto: pexels

Baca juga: BELUM KE JAKARTA KALAU BELUM COBAIN MAKANAN INI, KHAS BETAWI BANGET

Mie sagu

Disebut mie sagu karena bahan dasar pembuatannya menggunakan tepung sagu. Karena itu, mie sagu memiliki tekstur dan rasa yang berbeda dengan mie pada umumnya. Apalagi mie sagu khas Batam ini juga dimasak dengan bumbu dan resep khusus yang sangat khas. Kelezatannya sukses bikin lidah bergoyang.

mie sagu khas batam
Foto: liliswahyuwardanii

Kek pisang villa

Kek pisang villa termasuk salah satu oleh-oleh khas Batam yang kerap jadi andalan bagi para wisatawan. Sesuai namanya, kek pisang villa dibuat dengan menggunakan pisang sebagai bahan dasarnya. Rasanya sangat khas, kek pisang villa juga cocok untuk diberikan pada orang tersayang.

kek pisang villa oleh-oleh kuliner khas batam
Foto: Istimewa

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia