rujak natsepa
Kuliner khas Ambon, daya tarik yang selalu bikin rindu

Kuliner khas Ambon, daya tarik yang selalu bikin rindu

22 September 2021

Merupakan ibu kota dari provinsi Maluku, Ambon kerap dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Salah satu yang juga jadi daya tarik Ambon karena wisata kulinernya yang lezat dan selalu bikin rindu. Dari bermacam-macam kuliner khas Ambon yang tak boleh dilewatkan, berikut beberapa di antaranya.

Sambal colo-colo

Dari penyajiannya, sambal colo-colo khas Ambon ini mirip dengan sambal dabu-dabu khas Manado. Menggunakan cabai rawit, bawang merah, tomat serta seledri sebagai bahan utamanya, sambal colo-colo memiliki cita rasa level pedas yang cukup tinggi. Sambal ini cukup praktis dan bisa dibuat dengan cepat karena pembuatannya tanpa diulek. Untuk memperkaya cita rasa, sering kali air perasan jeruk nipis ditambahkan sebagai campuran sambal, selain garam.

sambal colo-colo khas ambon

Foto: instagram/ofrashinta

Papeda

Papeda jadi salah satu kuliner khas Ambon yang sangat tak boleh dilewatkan. Dibuat dari sagu, bentuk papeda memang tampak unik. Tapi di Ambon, menu ini jadi makanan utama pengganti nasi lho! Karena rasanya yang tawar, biasanya papeda dinikmati bersama ikan kuah kuning yang citarasanya lebih kuat.

papeda kuliner khas ambon

Foto: bisniswisata

Pisang asar

Pisang jadi salah satu bahan makanan yang mudah didapatkan di Ambon. Salah satu olahannya yang khas dan populer adalah pisang asar. Dengan menggunakan pisang raja, pisang asar dibuat dengan cara dipanggang dalam oven.

pisang asar jajanan ambon

Foto: kumparan/ambonnesia

Baca juga: Udang tacos, menu sarapan bergizi yang praktis

Rujak natsepa

Menikmati rujak di pinggir pantai sambil memandang laut dengan semilir angin, pasti sangat menyenangkan. Di Ambon, ada rujak manis yang terkenal khas yaitu rujak natsepa. Selain berisi buah-buahan yang umum ada di dalam rujak seperti kedondong, mentimun, pepaya, mangga, nanas, belimbing dan buah-buah lainnya, di rujak natsepa juga ada buah pala yang dicampur dengan irisan gula merah dan kacang goreng. Wah, semakin lezat!

rujak natsepa

Foto: goodnewsfromindonesia

Ikan kuah pala

Menu ikan kuah pala dulu diyakini sebagai salah satu menu sajian para petinggi kolonial Belanda. Jadi kelezatannya sudah pasti tidak perlu diragukan lagi. Dengan bumbu rempah yang khas, ikan kuah pala memiliki citarasa yang gurih dari ikan dan segar. Jika dinikmati dengan cabai utuh, bisa bikin melayang menikmatinya.

ikan kuah kuning ambon

Foto: indozone.id

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.
Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia