kesalahan memasak telur yang sering dilakukan
Kesalahan memasak telur yang sering dilakukan, kamu salah satunya?

Kesalahan memasak telur yang sering dilakukan, kamu salah satunya?

Telur merupakan salah satu bahan makanan yang hampir selalu ada di dapur. Disukai banyak orang dari berbagai usia, telur juga termasuk sumber protein yang baik untuk tubuh. Meski begitu, mudahnya cara memasak telur tak membuatnya luput dari kesalahan. Ada beberapa kesalahan memasak telur yang sering dilakukan oleh banyak orang.

Di antara kesalahan memasak telur tersebut, bisa jadi kamu termasuk salah satu yang melakukannya. Nah agar kesalahan tersebut tak dilakukan terus-menerus, coba cari tahu yuk untuk menghindarinya.

Terlalu lama merebus

Telur rebus kerap jadi pilihan banyak orang karena diyakini lebih rendah kolesterol. Namun terlalu lama merebus telur bisa membuatnya jadi keras. Untuk mendapat tingkat kematangan yang pas, biasanya telur cukup direbus sekitar 9 menit.

Salah pilih wajan

Teflon atau wajan anti lengket termasuk peralatan yang paling tepat untuk membuat telur mata sapi atau ceplok. Mengingat biasanya jika menggunakan wajan biasa, telur jadi mudah lengket. Kan sayang sekali kalau telur ceploknya menjadi jelek.

Suhu terlalu panas

Wah, kalau ini sih termasuk kesalahan yang harus sangat dihindari saat memasak. Terutama saat menggoreng telur. Pasalnya suhu penggorengan yang terlalu panas, bisa membuat telur jadi cepat gosong. Kalau sudah begitu, kelezatan rasanya pun akan berkurang lho.

Baca juga: Telur rebus Vs Telur goreng, yang mana pilihanmu?

Kocok sebelum dituang ke wajan

Baiknya saat ingin membuat telur orak-arik atau scrambled egg, telur tersebut memang dikocok terlebih dahulu dalam wadah sebelum dituang ke wajan. Karena mengocok telur di wajan justru akan membuat bentuk telur tersebut jadi kurang cantik. Teksturnya pun tak sebagus jika telur dikocok di luar wajan.

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.
Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia