manfaat sayur okra
Kenalan sama okra, supaya tahu manfaatnya untuk tubuh

Kenalan sama okra, supaya tahu manfaatnya untuk tubuh

12 November 2021

Okra termasuk salah satu jenis sayuran yang belum cukup familiar di masyarakat. Namun, sayur yang susah ditemukan ini ternyata punya segudang manfaat yang baik untuk tubuh. Bentuknya disebut-sebut mirip seperti oyong, namun lebih panjang dan ujungnya lebih runcing. Tapi sebenarnya apa aja sih manfaat mengonsumsi okra?

Melancarkan pencernaan

Okra termasuk sayuran yang mengandung banyak serat, yang baik dan dapat membantu melancarkan sistem pencernaan. Kandungan seratnya yang tinggi ini juga membuat okra cocok sebagai menu diet, karena dapat membantu membuat perut kenyang lebih lama.

Membantu menurunkan kadar gula darah

Okra diyakini memiliki kandungan yang baik untuk membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Sehingga okra juga dianggap baik untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes. Meski begitu, jumlah yang dikonsumsi tetap harus diperhatikan dan diatur agar tidak berlebihan.

Menjaga kesehatan jantung

Okra yang juga kerap dikenal dengan nama sayur bendi, mengandung pektin dan gum. Kandungan pektin ini dapat membantu menurunkan kolesterol sehingga baik untuk kesehatan jantung.

Foto: sweetcayenne

Baca juga: WAJIB ADA DI DAPUR, INI MANFAAT JAHE JIKA RAJIN DIKONSUMSI

Bagus untuk kekebalan tubuh

Antioksidan memiliki manfaat yang baik dalam membantu menjaga kekebalan dan imunitas tubuh. Kandungan ini juga ada di dalam okra, lho! Bahkan sebagai sumber antioksidan ini, okra juga dianggap baik untuk menangkal kanker.

Selalu dapatkan info, tips dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.
Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia