jenis spatula sesuai kebutuhan
Jenis spatula yang biasa dipakai sesuai kebutuhan, beda jenis beda penggunaan

Jenis spatula yang biasa dipakai sesuai kebutuhan, beda jenis beda penggunaan

30 September 2021

Spatula, termasuk salah satu alat masak yang wajib ada di dapur untuk membantu kebutuhan masak agar lebih mudah. Meski terbuat dari bahan yang berbeda-beda, tapi fungsi penggunaan dari seluruh jenisnya hampir selalu sama. Beberapa di antaranya, berikut beberapa jenis spatula sesuai fungsinya.

Spatula sup/kuah

Memasak dan menyajikan hidangan berkuah, butuh spatula yang bisa digunakan untuk menampung kuahnya. Sehingga spatula yang dibutuhkan adalah spatula yang berbentuk cekung atau biasanya disebut juga dengan spatula kuah. Meski yang dijual di pasaran bahannya bermacam-macam, tapi fungsinya tetap sama. Biasanya spatula jenis ini yang bergagang panjang digunakan untuk memasak sehingga lebih aman dari panas. Sedang yang bergagang pendek, lebih cocok untuk penyajian.

spatula kuah

Foto: dtcmro

Spatula mi

Saat memasak mi dan mengambilnya dari air rebusan, akan lebih mudah jika menggunakan spatula jenis ini. Karenanya jenis spatula yang satu ini biasa disebut spatula mi atau spatula pasta. Bentuknya berlubang di bagian tengah dengan gerigi di pinggiran. Sehingga air akan tersaring dan mi atau pasta lebih mudah diangkat.

spatula untuk pasta atau mi

Foto: patternbrands

Spatula datar

Untuk menggoreng, tentunya spatula yang dibutuhkan beda jenis dengan spatula yang digunakan untuk mengambil sup atau mi bukan? Nah di situlah biasanya spatula yang berbentuk datar digunakan. Dengan bentuk datar tersebut, menggoreng akan jadi lebih mudah. Terutama saat harus menggoreng telur dadar atau jenis makanan lain yang tipis.

Jenis spatula datar ini pun ada yang memiliki lubang di tengah sehingga dapat membantu meniriskan minyak, ada juga yang rata tanpa lubang di bagian tengah.

fungsi spatula

Foto: pinterest

Baca juga: Tips nge-dimsum asik di rumah; praktis, lezat, anti ribet

Spatula lentur

Untuk mengaduk adonan kue, jenis spatula yang lentur dan tipis akan lebih cocok digunakan. Spatula ini juga dapat digunakan untuk membersihkan sisa-sisa adonan yang menempel di wadah. Biasanya spatula jenis ini terbuat dari silicon.

kegunaan spatula

Foto: jetcube

Spatula frosting

Selain spatula lentur, spatula frosting biasanya juga dibutuhkan dalam membuat kue. Terutama untuk merapikan cream yang melapisi kue. Dengan bentuk yang lurus datar dengan sedikit bengkok di ujung, proses meratakan cream pun lebih mudah dan cepat.

fungsi spatula frosting

Foto: leevalley

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.
Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia