jajan pasar indonesia
Jajanan pasar tradisional khas Indonesia, udah pernah cobain semua? (Part 3)

Jajanan pasar tradisional khas Indonesia, udah pernah cobain semua? (Part 3)

8 November 2021

Jajanan pasar tradisional khas Indonesia begitu beragam. Kekayaan kuliner ini membuat kita punya beragam jajan referensi makanan yang lezat dan menggoyang lidah. Di antara berbagai macam jajanan pasar ini mana saja nih yang udah pernah kamu cobain?

Bolu kukus

Kue ini memiliki bentuk yang merekah seperti cara bikang. Warnanya pun warna-warni dan tampak cantik. Meski begitu adonan bolu kukus dan cara bikang cukup berbeda. Cara memasaknya pun berbeda, karena sesuai namanya, bolu kukus dimasak dengan cara dikukus. Kue ini kerap jadi pilihan karena teksturnya yang lembut, mengenyangkan dan diyakini lebih sehat karena tidak digoreng.

bolu kukus mekar
Foto: dapurmiranti

Klepon

Wah, jajanan yang satu ini amat spesial karena memiliki isian gula merah yang lumer begitu digigit. Topping parutan kelapa di seluruh permukaan adonannya pun membuat klepon jadi semakin spesial. Kenyal, rasanya pun manis dan gurih berpadu jadi satu di dalam mulut.

jajan pasar klepon gula merah
Foto: Pinterest

Risol

Adonan tepung yang dimasak tipis seperti dadar gulung dengan isian sayur-sayuran seperti wortel, risol memiliki citarasa yang gurih dan tekstur lembut dengan bagian luar yang krispi. Dinikmati dengan cabai rawit membuat cita rasa risol semakin terasa lezat.

risoles jajan pasar
Foto: intensefoodcravings

Bakwan

Gorengan yang satu ini hampir bisa disebut primadona yang disukai banyak orang. Gorengan dengan banyak campuran sayur di dalamnya, bakwan bahkan mudah ditemukan di banyak penjual gorengan dan aneka jajanan pasar.

bakwan jajan pasar
Foto: muchbutter

Baca juga: JAJANAN PASAR TRADISIONAL KHAS INDONESIA, UDAH PERNAH COBAIN SEMUA? (PART 2)

Kue lupis

Sekilas, kue lupis memang mirip dengan klepon. Hanya jika klepon menggunakan gula merah sebagai isian di dalamnya, lupis menggunakan gula merah sebagai topping bersama parutan kelapa. Biasanya, kue lupis dapat ditemukan bersama klanting dan sejenisnya.

kue lupis gula merah jajan pasar
Foto: whattocooktoday

Gemblong

Di beberapa tempat, gemblong disebut juga dengan getas. Jajanan ini terbuat dari tepung beras putih yang dibentuk bulat kemudian digoreng dan dilapisi larutan gula. Rasanya relatif manis dan teksturnya cukup unik, cocok untuk dijadikan camilan santai di pagi atau sore hari.

gemblong jajan pasar tradisional
Foto: momylicious

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia