cara memasak tuna
Ikan yang baik untuk dikonsumsi oleh anak-anak

Ikan yang baik untuk dikonsumsi oleh anak-anak

Anak-anak perlu mengonsumsi makanan yang baik untuk perkembangan dan pertumbuhannya. Bukan hanya untuk kesehatan tubuh, tapi juga berperan penting untuk kecerdasan dan perkembangan otak. Salah satu makanan yang diyakini baik untuk anak-anak adalah ikan. Ini lho beberapa macam ikan yang baik untuk dikonsumsi oleh anak-anak.

Ikan kembung

Ikan kembung termasuk salah satu jenis ikan lokal yang sangat mudah didapatkan di pasar. Harganya murah, namun ikan kembung mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. Selain kaya akan omega-3 dan DHA, ikan kembung juga kaya akan viamin B12, Vitamin D, fosfor, selenium dan iodine. Baik untuk kecerdasan otak, ikan kembung juga baik untuk kesehatan tulang dan gigi anak.

Ikan salmon

Sudah jadi rahasia umum kalau ikan salmon baik untuk dikonsumsi oleh anak-anak karena kandungan omega-3 nya yang tinggi. Selain itu, kandungan lain seperti zat besi, zinc, niasin, vitamin B12 dan vitamin B6 juga ada di dalam salmon. Tak heran, banyak yang menyajikan ikan salmon sejak bayi masuk masa MPASI. Dengan daging yang lembut, ikan salmon pun mudah diolah dan dikonsumsi oleh bayi.

Ikan bandeng

Salah satu kandungan nutrisi yang baik untuk mendukung tumbuh kembang anak adalah asam lemak omega-3. Bukan hanya baik untuk kecerdasan otak, namun juga baik untuk sistem kekebalan tubuh. Nah, ikan bandeng termasuk ikan yang mudah didapat dengan kandungan asam lemak omega-3 cukup tinggi.

Baca juga: Kuliner khas Mataram, legendaris dan best banget

Ikan tuna

Selain ikan salmon, ikan tuna juga termasuk salah satu ikan yang banyak disajikan untuk MPASI. Biasanya, ikan tuna yang dijual di pasaran sudah dalam bentuk frozen. Sehingga lebih mudah mengolahnya. Kandungan DHA, fosfor, kalium, magnesium, vitamin B6 dan omega-3 pun ada di dalam ikan tuna, sehingga baik untuk anak.

frozen tuna prima star
Foto: Kitchen of Indonesia

Ikan teri

Ikan kecil ini kerap disebut kecil-kecil cabe rawit. Pasalnya, secara ukuran ikan ini memang kecil. Namun kandungan yang dimiliki ikan ini tak main-main. Selain kandungan proteinnya tinggi, kalsium dan fosfor ikan teri juga cukup tinggi. Ukuran durinya yang kecil membuat ikan ini bisa dikonsumsi daging dan durinya sekaligus. Bisa diolah macam-macam, mulai dari pepes, tumis hingga goreng, ikan teri memang memiliki rasa yang lezat sehingga mudah disukai banyak orang.

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.
Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia