nagasari jajanan tradisional
Ide jajanan jadul yang bisa dibikin sendiri di rumah selama PPKM

Ide jajanan jadul yang bisa dibikin sendiri di rumah selama PPKM

13 July 2021

Sejak pandemi, kita memang disarankan lebih banyak di rumah saja. Terutama saat PPKM darurat berlangsung. Agar kegiatan di rumah bersama keluarga jadi lebih seru dan tak membosankan, kita bisa coba siapkan camilan-camilan jadul. Rasanya yang lezat bisa bikin kita jadi nostalgia ke zaman dulu deh 🙂

Jemblem

Jajanan yang satu ini termasuk jajanan tradisional yang sudah lumayan susah ditemukan. Untuk membuatnya, kita bisa mencampurkan parutan singkong dengan sedikit parutan kelapa, garam serta gula kemudian mengepal-ngepalnya hingga menjadi bulatan yang cantik. Jika ingin lebih lezat dan manis, bagian tengahnya bisa diisi gula merah. Tapi pastikan agar tak ada lubang gula merahnya keluar. Di beberapa kota, camilan ini juga disebut misro.

jemblem ide jajanan jadul

Foto: Ummu Fatima

Pilus

Kalau jemblem bahan utamanya terbuat dari singkong, jajanan yang satu ini bahan utamanya terbuat dari ubi. Cara membuatnya pun hampir mirip. Hanya sebelum dibulat-bulatkan, ubi dimasak atau dikukus hingga matang terlebih dahulu. Kemudian ubi yang sudah matang tersebut dihaluskan dan dicampur dengan beberapa sendok tepung tapioka, gula dan garam secukupnya. Ubi yang sudah dibulat-bulatkan kemudian digoreng hingga kecoklatan.

pilus ubi

Foto: resepinggirjalan

Combro

Combro dan jemblem atau misro memang camilan yang bisa dibilang nyaris sama. Cara pembuatannya pun sama. Yang membedakan ada pada bagian isiannya. Jika jemblem atau misro menggunakan gula merah dan cenderung menggunakan isian manis, combro diisi dengan daging ayam yang sudah dihaluskan dan cenderung gurih pedas.

combro ide jajanan jadul bikin sendiri di rumah

Foto: monic’s simply kitchen

Baca juga: Balado Odeng Geezy ala Kitchen of Indonesia

Nagasari

Kenal dengan camilan yang satu ini? Jajanan tradisional ini cukup sulit ditemukan. Bahan utamanya menggunakan pisang yang dibalut dengan adonan tepung dan dibungkus dengan daun pisang. Adonan tersebut kemudian dikukus hingga matang. Perpaduan citarasa gurih dan manisnya membuat banyak orang susah move on.

nagasari jajanan tradisional

Foto: whattocooktoday.com

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.
Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia