manfaat cumi-cumi
Dibalik Kelezatannya, Ini Manfaat Cumi-Cumi Untuk Tubuhmu

Dibalik Kelezatannya, Ini Manfaat Cumi-Cumi Untuk Tubuhmu

6 September 2019

Salah satu jenis seafood yang cukup populer dan punya banyak peminat adalah cumi-cumi. Punya tekstur kenyal dan rasa yang manis gurih, cumi-cumi cocok diolah dengan berbagai menu masakan. Apalagi ada banyak manfaat cumi-cumi yang bagus untuk kesehatan tubuh.

Membantu Menurunkan Kolesterol

Cumi-cumi memiliki kandungan lemak dan kalori yang sangat rendah. Selain itu cumi-cumi juga memiliki kandungan asam lemak tak jenuh yang bagus untuk tubuh. Kandungan-kandungan tersebut dapat membantu mengurangi kolesterol tinggi dan meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh.

Membantu Membangun Otot

Sebagai sumber protein yang baik, cumi-cumi dapat membantu tubuh membangun otot yang sehat seperti yang dibutuhkan tubuh. Pasalnya dalam 100 gram cumi-cumi, terdapat 16 gram protein yang dapat diserap oleh tubuh. Bahkan kandungan protein ini juga dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama sehingga nafsu makan pun lebih terkontrol.

cumi-cumi

Foto: Pinterest

Vitamin Harian Yang Dibutuhkan Tubuh Pun Terpenuhi

Kandungan vitamin di dalam cumi-cumi seperti vitamin A, B6, B12, C dan E serta berbagai mineral seperti kalsium, zat besi, magnesium juga sodium terdapat lengkap di dalamnya. Kandungan-kandungan ini pun memenuhi kebutuhan vitamin harian yang dibutuhkan oleh tubuh.

manfaat cumi-cumi

Foto: omnivorescookbook.com

Baca Juga: Bisa Dijadikan Aneka Olahan, Ini Manfaat Ikan Tenggiri

Melancarkan Pencernaan Dalam Tubuh

Kandungan vitamin yang lengkap di dalam cumi-cumi juga memiliki manfaat dalam kesehatan pencernaan. Di antaranya adalah vitamin B3 serta vitamin B2. Seluruh kandungan ini juga dapat membantu meningkatkan nafsu makan.

Memiliki Kandungan Merkuri Yang Rendah

Salah satu yang sering kali dikhawatirkan dari makanan laut adalah adanya bahaya merkuri yang tersembunyi di baliknya. Pasalnya merkuri memang memiliki dampak buruk bagi sistem saraf tubuh. Untungnya cumi-cumi termasuk makanan laut yang rendah akan kandungan merkuri. Sehingga berada dalam tahap aman untuk dikonsumsi.

kandungan cumi-cumi

Foto: olivemagazine.com

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia