resep dan cara membuat ramen kamaboko
Cari tahu yuk, apa sih kamaboko itu?

Cari tahu yuk, apa sih kamaboko itu?

21 June 2021

Para penggemar ramen pasti sudah tak asing lagi dengan kamaboko. Biasa ada dalam mangkok ramen, kamaboko biasanya dijadikan topping untuk membuat ramen jadi lebih lengkap dan lezat. Tapi sebenarnya apa sih kamaboko itu?

Berasal dari Jepang

Nama kamaboko berasal dari batang bambu atau tanaman cattail. Keberadaan kamaboko sendiri sudah ada sejak abak ke-8 untuk dipersembahkan pada kaisar. Bahkan setiap tanggal 15 November diperingati sebagai Hari Kamaboko di Jepang.

Dibuat dari daging ikan

Kamaboko atau fish cake sendiri merupakan makanan olahan berbahan ikan yang cukup populer dan banyak digemari di Jepang. Biasanya sari ikan (surimi) ini digabung dengan sayur, sehingga kamaboko menjadi makanan tinggi gizi yang kaya akan berbagai kandungan baik yang dimiliki oleh ikan dan sayur.

Baca juga: Edamame frozen VS edamame mentah, mana nih yang lebih recommended

Tekstur kenyal

Kamaboko memiliki ciri khas tekstur yang kenyal. Tekstur ini berasal dari protein jenis myofibril yang dimiliki ikan. Biasanya ikan yang digunakan adalah ikan pollock. Selain itu juga bisa dipengaruhi oleh bahan yang digunakan sebagai tambahan, termasuk yang nantinya akan mempengaruhi rasa dari kamaboko tersebut.

Kamaboko biasanya diberi nama sesuai dengan bentuk dan bahan yang digunakan. Misalnya ebi kamaboko untuk kamaboko yang menyerupai udang.

Selalu dapatkan info, tips dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.
Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia