cara mengolah dan memasak okra biar tidak berlendir
Cara dan tips mengolah okra, sehat, lezat dan nggak berlendir

Cara dan tips mengolah okra, sehat, lezat dan nggak berlendir

9 December 2021

Okra termasuk salah satu jenis sayuran yang kandungan nutrisinya punya banyak manfaat dan baik untuk kesehatan. Namun, okra memiliki kandungan lendir yang cukup tinggi. Karena itu beberapa orang kerap malas memasak okra karena tak menyukai sensasi lendir tersebut saat dimakan. Nah supaya nantinya okra bebas lendir, ada beberapa cara dan tips mengolah okra yang bisa dicoba.

Tetap kering hingga dimasak

Jika banyak jenis sayur lainnya yang bagus disimpan di dalam kulkas agar tahan lama, okra malah lebih bagus disimpan di suhu ruang. Begitu pun dengan mencucinya. Okra lebih baik dicuci sesaat sebelum dimasak. Karena menyimpan okra yang sudah dicuci justru berisiko membuat lendirnya lebih banyak keluar. Agar tetap renyah dan tak layu, sebaiknya okra tidak disimpan terlalu lama.

Rendam dengan cuka

Merendam okra dengan larutan cuka selama kurang lebih 30 menit dapat mengurangi okra agar tak terlalu berlendir. Setelah direndam dengan larutan cuka, cuci bersih okra dengan air mengalir hingga bersih baru kemudian memasaknya. Selain menggunakan larutan cuka, air perasan jeruk nipis juga bisa digunakan untuk merendam okra.

Hindari potong kecil

Kebanyakan okra dimasak dengan dipotong kecil-kecil. Tapi jika ingin memasak okra agar bebas lendir, sebaiknya okra dipotong dengan ukuran agak besar atau justru tidak dipotong-potong hanya dibuang bagian atasnya. Selain itu, cara memotong okra dengan bentuk miring melintang akan membuat okra semakin berlendir.

Baca juga: KENALAN SAMA OKRA, SUPAYA TAHU MANFAATNYA UNTUK TUBUH

tips mengolah okra agar tidak berlendir
Foto: southernliving

Masak dengan suhu tinggi

Okra yang dimasak dengan suhu tinggi dapat menghambat lendirnya agar tidak banyak keluar. Selain itu, memasaknya beberapa kali juga dapat membuat okra bebas lendir. Misalnya dengan menggorengnya terlebih dahulu sebelum ditumis. Hindari memasak okra dengan api kecil agar lendirnya tidak keluar. Namun saat memasak okra dengan suhu tinggi, usahakan untuk mengaduknya dengan cepat agar tidak cepat gosong.

Dengan cara dan tips mengolah okra tersebut, okra pun jadi lebih bebas lendir.

Selalu dapatkan info, tips dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.
Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia