ketupat sayur makanan khas jakarta
Belum ke Jakarta kalau belum cobain makanan ini, khas Betawi banget

Belum ke Jakarta kalau belum cobain makanan ini, khas Betawi banget

Jakarta, ibu kota Indonesia ini jadi kota jujugan bagi banyak orang. Kuliner khas Betawi nya pun sangat menarik untuk dicicipin. Apa saja sih makanan yang tak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Jakarta?

Soto betawi

Nama soto betawi cukup populer dan ada di daftar atas kuliner khas Jakarta yang harus dicoba. Yang khas dari soto betawi adalah kuahnya yang menggunakan santan atau susu sebagai campuran bumbu rempah. Bukan hanya disajikan dengan irisan daging, soto betawi juga disajikan dengan jeroan. Sebagai pelengkap, biasanya soto betawi dinikmati dengan emping melinjo dan irisan tomat.

resep dan cara membuat soto betawi susu
Foto: pergikuliner

Ketoprak

Makanan yang satu ini kerap disebut mirip dengan tahu tek. Menu ini termasuk menu andalan di Jakarta. Disajikan dengan lontong, bihun, tahu serta tauge, ketoprak dibuat dengan bumbu kacang. Tak lupa kerupuk melengkapi hidangan. Harga seporsi ketoprak pun cukup terjangkau sehingga membuat makanan ini bisa dinikmati hampir semua orang.

ketoprak kuliner khas jakarta
Foto: dhikanov

Kerak telur

Kerak telur termasuk salah satu kuliner Jakarta yang cara masaknya sangat khas dan unik. Menggunakan wajan dan arang yang dinyalakan di anglo, kerak telur yang sudah dimasak setengah matang bahkan dibalik menghadap arang. Yang juga tak kalah unik dari kerak telur adalah adanya beras ketan putih yang dicampur dengan telur ayam atau telur bebek, ebi juga serundeng. Tak lupa, ada bawang goreng sebagai topping saat dihidangkan.

kerak telur jajanan khas betawi jakarta
Foto: makansutra

Ketupat sayur

Ketupat sayur termasuk salah satu makanan khas Betawi yang wajib hadir saat hari raya. Kuah santannya yang kental dan gurih, ketupat sayur biasa dinikmati dengan emping yang renyah. Namun saat ini, ketupat sayur sudah jadi menu yang mudah didapatkan dan jadi salah satu pilihan menu untuk sarapan sehari-hari.

ketupat sayur makanan khas jakarta
Foto: seeisall

Baca juga: KULINER KHAS MALANG, LEGENDARIS SEPANJANG MASA

Nasi uduk

Ngomongin kuliner Betawi, sudah pasti tak boleh melewatkan nasi uduk. Rasa gurihnya nasi yang dimasak dengan santan dan aroma wangi dari daun salam, daun jeruk, serai serta laos membuat nasi uduk sangat khas. Biasanya nasi uduk dinikmati dengan ayam goreng, sambal, telur serta berbagai pelengkap lainnya.

menu nasi yang bisa dimasak dengan rice cooker
Foto: freepik

Semur jengkol

Sayur ini jadi salah satu makanan khas yang sangat populer dari deretan kuliner khas Betawi. Aroma dan rasanya sangat khas, sehingga mungkin tak semua orang suka dengan menu ini. Tapi rasanya yang super lezat, bikin semur jengkol sangat cocok dinikmati dengan nasi hangat.

semur jengkol makanan khas betawi
Foto: justtryandtaste

Asinan

Selain Bogor, Jakarta juga punya asinan. Asinan Betawi ini punya rasa yang relatif pedas dan segar. Penyajiannya menggunakan berbagai sayur, mulai sawi, kol, tauge, selada hingga tahu. Sangat cocok untuk menu diet atau para vegetarian.

asinan betawi
Foto: justtryandtaste

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia