aneka sambal khas jawa timur
Aneka sambal khas Jawa Timur, pedas dan sedapnya nampol

Aneka sambal khas Jawa Timur, pedas dan sedapnya nampol

16 December 2021

Kurang lengkap rasanya kalau menyantap makanan utama tanpa sambal. Apalagi orang Indonesia begitu menyukai pedas dan sambal. Di Jawa Timur sendiri, ada beberapa macam jenis sambal yang sangat khas. Dari aneka sambal khas Jawa Timur ini, kira-kira mana saja yang sudah pernah kamu coba?

Sambal petis

Menikmati gorengan dengan cocolan sambal petis memang sangat menggiurkan. Dengan bahan utama petis ikan atau petis udang, sambal petis biasanya juga diberi campuran cabai rawit, gula, garam hingga beberapa bahan tambahan lainnya untuk memperkaya rasa dan membuatnya semakin lezat. Biasanya, sambal petis khas Jawa Timur ini juga dijadikan sambal untuk hidangan seperti tahu campur.

Sambal pencit

Sambal yang dibuat dari perpaduan irisan mangga muda atau pencit dan bahan sambal seperti cabai rawit, gula, garam hingga bawang ini cukup khas di Madura dan sekitar Surabaya. Sambal ini tak jarang dijadikan pendamping hidangan seperti ayam goreng atau bebek goreng. Rasanya pedas, gurih dan asam menyatu bisa bikin susah berhenti makan.

Sambal tempong

Banyuwangi punya sambal khas yang disebut sambal tempong. Dengan cabai yang banyak, terasi, tomat, gula dan garam kemudian diuleg kasar, sambal tempong biasanya juga diberi perasan jeruk limau untuk membuatnya lebih segar dan lezat.

Sambal bajak

Salah satu jenis sambal khas Jawa Timur yang cukup populer adalah sambal bajak. Bisa dibuat dengan mudah menggunakan bawang merah, bawang putih, cabai rawit, cabai merah, tomat dan terasi, sambal yang sudah dihaluskan kemudian ditumis dengan minyak panas. Tak lupa lengkuas, daun salam, sereh serta air asam jawa ditambahkan untuk melengkapkan citarasa sambal bajak.

Baca juga: TERNYATA INI LHO TRIK SUPAYA SAMBAL TERASA LEBIH SEDAP DAN MAKNYUS

Sambal tumpang

Sambal yang satu ini cukup unik karena menggunakan tempe busuk sebagai bahan utamanya. Khas dari Kediri, sambal tumpang biasanya dinikmati dengan nasi putih dan bumbu pecel. Tempe busuk tersebut dicampur dengan bumbu khas seperti bawang merah, bawang putih, cabai rawit, lengkuas, daun salam serta garam.

Sambal pecel

Saking populernya pecel, menu satu ini sangat mudah ditemukan di mana-mana, bukan hanya di Jawa Timur. Ke-khas-an sambal pecel adalah kacang tanah yang dihaluskan dengan aneka bumbu. Menu nasi pecel pun jadi santapan sarapan yang cukup digemari.

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.
Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia