martabak asin
Aneka makanan pembuka khas Indonesia

Aneka makanan pembuka khas Indonesia

24 May 2022

Sebelum menyantap menu utama, makanan-makanan pembuka sering dijadikan pilihan untuk membangkitkan selera makan. Indonesia juga punya beragam makanan yang cocok untuk dijadikan appetizer. Apa saja sih aneka makanan pembuka khas Indonesia?

Bakwan

Siapa yang tidak suka makan gorengan? Aneka macam jajanan gorengan khas Indonesia seperti bakwan, tempe mendoan, tahu isi termasuk jajanan tradisional yang disukai banyak orang. Ringan dan lezat, bakwan dan aneka gorengan lainnya cocok untuk dijadikan appetizer sebelum menyantap hidangan utama. Campuran sayur di dalam bakwan pun baik untuk nutrisi tubuh.

bakwan jajan pasar
Foto: muchbutter

Martabak

Di Indonesia, ada 2 jenis martabak yang cukup populer. Martabak manis dan martabak telur. Karena cita rasanya relatif gurih, martabak telur juga cukup sering dijadikan makanan pembuka. Makanan yang biasanya juga mudah ditemukan di Arab, ini juga cocok dinikmati dengan cabai atau sambal cocol.

martabak asin
Foto: Istimewa

Lumpia

Seperti hidangan lain layaknya martabak dan bakwan, lumpia juga termasuk salah satu jajanan yang dimasak dengan cara digoreng dan citarasanya gurih. Isian sayur di dalamnya membuat lumpia semakin terasa lezat dengan kulit yang renyah. Tak heran lumpia cocok dijadikan appetizer untuk membangkitkan nafsu makan sebelum hidangan utama.

lumpia udang resep cemilan mudah dan enak
Foto: dinnerthendessert.com

Baca juga: Resep kue serabi kinca, jajanan khas Indonesia yang cocok jadi appetizer

Cireng

Banyak orang Indonesia yang sangat menyukai makanan yang digoreng dan dibuat dari aci atau tepung kanji, seperti cireng atau singkatan dari aci yang digoreng. Tekstur luarnya renyah dengan bagian dalam yang kenyal. Biasanya cireng dimakan dengan cocolan saus pedas atau bumbu rujak yang pedas dan manis.

cireng jajanan indonesia berbahan aci
Foto: diahdidi.com

Batagor

Batagor atau singkatan dari bakso tahu goreng, termasuk salah satu makanan tradisional khas Bandung yang cukup populer dan disukai banyak orang Indonesia. Disajikan dengan bumbu kacang, batagor biasanya juga disajikan dengan siomay. Rasanya gurih dan segar dari perasan jeruk limau, beberapa orang yang juga menyukai pedas kerap menambahkan sambal untuk memperkaya rasa.

resep dan cara membuat batagor siomay
Foto: Pinterest
Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.
Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia