pecel
Aneka macam pecel sayur, menu sehat khas Indonesia

Aneka macam pecel sayur, menu sehat khas Indonesia

13 January 2022

Pecel sayur jadi salah satu makanan khas Indonesia yang kerap dijadikan andalan untuk sarapan. Seringnya, pecel sayur yang satu dengan yang lain terlihat seperti sama saja tanpa ada beda. Namun ternyata, di Indonesia ada berbagai macam pecel sayur. Kira-kira yang biasa kita makan itu pecel mana ya?

Pecel Madiun

Pecel Madiun termasuk salah satu jenis pecel sayur yang paling populer di Indonesia. Dengan aneka macam sayur seperti kacang panjang, kubis, tauge yang direbus dan disajikan dengan bumbu pecel yang terbuat dari kacang, pecel madiun biasanya disajikan di atas daun pisang yang dipincuk. Tak jarang, ada rempeyek, telur mata sapi, tahu dan tempe goreng sebagai pelengkap.

Pecel Punten

Nasi pecel punten berasal dari sebuah desa di Tulungagung. Punten sendiri adalah beras putih yang dimasak dengan santan dan dibentuk seperti ketupat persegi. Rasanya gurih dan aromanya wangi. Biasanya punten ini disajikan dengan aneka sayur seperti kangkung, tauge serta daun ketela dan dilengkapi tempe atau ikan goreng.

Pecel Ponorogo

Selain pecel madiun, pecel ponorogo juga termasuk salah satu jenis pecel sayur yang cukup populer. Ciri khas dari pecel ponorogo adalah adanya cacahan mentimun yang disajikan dengan berbagai sayur rebus lainnya dan kelapa parut. Rasa bumbu pecelnya biasa cenderung lebih pedas dibanding pecel madiun.

Pecel tumpang

Jawa Timur termasuk daerah yang memiliki banyak jenis pecel sayur. Termasuk juga pecel tumpang yang khas dari Kediri. Berbeda dengan nasi pecel sayur madiun, pecel tumpang menggunakan aneka sayur yang direbus dan disiram bumbu tumpang. Ke-khas-an bumbu tumpang adalah bahan dasarnya yang menggunakan tempe semangit atau tempe busuk yang dimasak dengan santan dan aneka bumbu dapur.

Baca juga: ANEKA JAJANAN INDONESIA DENGAN KACANG HIJAU, TRADISIONAL ABIS

Pecel kecombrang

Pernah membayangkan bunga kecombrang digunakan untuk bahan pecel? Di Purwokerto, pecel kecombrang jadi salah satu kuliner khas yang istimewa lho! Kalau kamu penggemar kecombrang, menu ini bisa jadi menu yang tak boleh lewat dicicipi.

Pecel bunga turi

Selain bunga kecombrang, bunga turi juga termasuk salah satu jenis bunga yang banyak digunakan untuk menu masakan. Juga dalam bahan pecel. Berasal dari Sleman, Yogyakarta, pecel bunga turi disajikan dengan daun pepaya, bayam hingga tauge yang direbus. Biasanya sate puyuh, sate kerang, baceman dan rempeyek disajikan juga sebagai pelengkap hidangan.

Selalu dapatkan info, tips dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia