bubur kacang hijau
Aneka bubur khas Indonesia, bisa buat sarapan atau saat kurang enak badan

Aneka bubur khas Indonesia, bisa buat sarapan atau saat kurang enak badan

11 November 2021

Orang Indonesia biasa sarapan dengan menu nasi atau bubur. Menu bubur khas Indonesia pun cukup beragam. Mulai dari bubur dengan citarasa yang cenderung gurih hingga yang manis. Bahan dasarnya pun bermacam-macam. Di antaranya, ini lho beberapa macam bubur khas Indonesia yang banyak digemari.

Bubur ayam

Bubur yang satu ini sangat mudah ditemukan di berbagai penjuru kota. Rasanya yang gurih ditambah dengan topping suwiran ayam, cocok untuk dijadikan menu sarapan. Lengkap dari karbo hingga protein. Kamu termasuk penggemar bubur ayam juga nggak, nih?

bubur ayam khas indonesia
Foto: dianyphotoworks

Bubur sumsum

Selain dari bahan utama beras, bubur di Indonesia juga banyak dibuat dari bahan-bahan lain. Seperti bubur sumsum yang dibuat dari tepung beras. Biasanya bubur ini disajikan dengan kuah gula merah cair, sehingga perpaduan rasanya pun manis dan gurih.

bubur sumsum indonesia
Foto: iloveicookibake

Bubur kacang hijau

Salah satu bubur yang banyak disukai sebagai menu sarapan adalah bubur kacang hijau. Biasanya bubur kacang hijau ini dijadikan pilihan saat tak ingin sarapan nasi. Bisa dinikmati hangat atau dingin, bubur kacang hijau biasanya dinikmati dengan kuah santan yang gurih.

bubur kacang hijau
Foto: widyahalim

Bubur sagu

Sesuai namanya, bubur ini terbuat dari sagu sebagai bahan utamanya yang direndam kemudian direbus hingga matang. Bubur sagu berasal dari Ambon dan cukup disukai banyak orang. Dinikmati dengan kuah santan dan talas kukus, bubur sagu memang punya rasa yang sangat lezat.

bubur sagu ambon
Foto: resepviral

Baca juga: BIASA UNTUK ACARA SPESIAL, INI RESEP BUBUR MERAH PUTIH LEZAT DAN MUDAH

Bubur candil

Bentuknya bulat-bulat berwarna kecoklatan, di beberapa daerah bubur ini juga banyak disebut biji salak karena bentuknya yang dianggap mirip dengan biji salak. Dibuat dari tepung tapioka dan ketela, bubur candil termasuk salah satu jenis makanan yang khas disajikan saat buka puasa. Rasa manis dari bola-bola tapioka tersebut dipadukan dengan kuah santan, sehingga rasanya lezat dan tidak eneg.

bubur candil
Foto: vaniasamperuru

Bubur ketan

Menggunakan ketan hitam, bubur ini biasanya disajikan bersamaan dengan bubur kacang hijau dalam satu paket. Tak jarang juga ditambahkan bubur mutiara untuk semakin melengkapinya.

bubur ketan hitam indonesia
Foto: 2guys1cook
Selalu dapatkan info, tips dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia
Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia