cara dan tips membuat fish and chips
Agar renyah dan gurih, ini tips membuat fish & chips ala restoran

Agar renyah dan gurih, ini tips membuat fish & chips ala restoran

29 December 2021

Sajian menu ikan yang satu ini cukup populer dan mudah dibuat sendiri di rumah. Dengan balutan tepung, ikan memiliki tekstur renyah dan rasa yang lebih gurih. Supaya berhasil, ada beberapa cara dan tips membuat fish and chips yang renyah, gurih dan selezat restoran.

Pemilihan ikan yang tepat

Tidak semua jenis ikan bisa digunakan untuk membuat fish & chips. Di Inggris, negara asal menu ini, fish and chips klasik dibuat menggunakan ikan pollock, kod atau ikan haddock. Tapi di Indonesia, ikan kakap, dori atau tuna kerap dijadikan pilihan karena bisa didapatkan dengan lebih mudah.

Fillet dengan tepat

Sebelum dilumuri dengan adonan tepung, ikan harus di-fillet terlebih dahulu. Ketebalan dan ukuran fillet-nya jadi hal penting yang harus diperhatikan agar kematangan ikan merata dan daging ikan tetap juicy setelah digoreng. Jika kesulitan membuat fillet dari ikan utuh, ada baiknya membeli yang sudah dipotong fillet. Biasanya ikan dengan bentuk fillet dijual di supermarket dengan kemasan frozen. Sebelum mengolahnya, pastikan ikan sudah mencair rata dan mengeringkannya dengan tisu terlebih dahulu.

Adonan tepung cukup penting

Adonan tepung merupakan poin yang cukup penting dalam menu ini. Setelah adonan siap, sebaiknya lumuri ikan dengan adonan tepung sebelum digoreng, tanpa mendiamkannya terlalu lama.

Jangan sembarangan goreng

Pastikan minyak yang akan digunakan untuk menggoreng ikan sudah dipanaskan terlebih dahulu. Jangan memasukkan ikan ke dalam minyak yang belum panas. Usahakan jumlah minyak yang digunakan juga cukup banyak sehingga bisa merendam ikan. Hindari memasukkan ikan terlalu banyak dan membuat wajan terlalu penuh dalam sekali goreng agar ikan tidak menyerap terlalu banyak minyak dan membuat suhu minyak turun.

Baca juga: RESEP IKAN POLLOCK GORENG TEPUNG, RENYAH, LEZAT, KAYA GIZI

Kentang sama pentingnya dengan ikan

Kehadiran kentang dalam menu ini sama pentingnya dengan ikan. Jika kentang tidak diolah dengan tepat, kentang yang tidak renyah dan tidak lezat akan membuat menu ini jadi kurang sempurna.

Selalu dapatkan info, tips dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.
Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia