udang selingkuh kuliner khas jayapura
5 kuliner khas Jayapura, terkenal mantap dan mengesankan

5 kuliner khas Jayapura, terkenal mantap dan mengesankan

21 December 2021

Ibu kota provinsi yang berada di paling timur Indonesia ini mempunyai banyak cerita dan daya tarik tersendiri. Aneka kuliner khas Jayapura ini pun cukup mengesankan dan memiliki daya tarik tersendiri yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Sagu lempeng

Sagu termasuk salah satu makanan pokok bagi masyarakat Jayapura. Salah satu olahan yang cukup populer adalah sagu lempeng. Makanan yang kerap jadi camilan ngopi atau ngeteh ini dimasak dengan cara dipanggang dalam wadah tanah liat. Jajanan ini pun kerap ditemukan di pasar tradisional. Dengan rasa yang sangat khas dan unik, sagu lempeng lebih lezat dinikmati saat masih hangat.

sagu lempeng khas jayapura
Foto: ira.kusumawardhani

Papeda

Siapa yang tak tahu kalau papeda merupakan makanan khas di Papua? Makanan ini pun cukup populer dan kerap jadi kuliner andalan. Papeda atau bubur sagu ini memiliki tekstur yang lengket. Dengan warna putih, citarasanya pun tawar sehingga bisa dinikmati dengan menu olahan lain. Seperti kuah ikan dan lainnya.

papeda khas jayapura
Foto: kompas/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA

Es buah matoa

Buah matoa termasuk salah satu buah yang bisa didapatkan di provinsi Papua, namun sulit ditemukan di tempat-tempat lain. Salah satu kuliner khas Papua yang menggunakan buah matoa sebagai bahan utamanya adalah es buah. Dengan campuran kombinasi buah matoa, kolang-kaling, cincau, biji selasih, agar-agar serta biji pala, es buah matoa memiliki rasa yang manis dan segar.

Baca juga: BELUM KE JAKARTA KALAU BELUM COBAIN MAKANAN INI, KHAS BETAWI BANGET

Udang selingkuh

Namanya memang lucu dan cukup unik. Hal ini karena udang yang digunakan dalam menu ini adalah udang yang ukurannya cukup besar dan memiliki capit, seperti capit kepiting. Karena bentuk itulah disebut udang selingkuh, seperti persilangan antara udang dan kepiting. Teksturnya lebih lembut dan rasanya lebih gurih dibanding udang biasa. Dengan olahan dan bumbu khas, udang selingkuh termasuk salah satu makanan khas Jayapura yang sayang banget untuk dilewatkan.

udang selingkuh kuliner khas jayapura
Foto: aidan_darwinds

Aunu sanebre

Makanan yang satu ini menggunakan ikan teri dan nasi yang digoreng dan dicampur dengan daun talas serta kelapa parut yang dikukus. Kuliner ini cukup unik dan khas. Rasanya gurih dan lezat. Teksturnya pun cukup unik. Dengan citarasa dan sensasi berbeda, aunu sanebre termasuk kuliner Jayapura yang harus dicoba.

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia