rendang sapi ide olahan daging yang tahan lama
3 Tips penting masak rendang biar empuk dan sedap

3 Tips penting masak rendang biar empuk dan sedap

19 July 2022

Salah satu menu olahan daging yang paling favorit dan populer adalah rendang. Bukan cuma rasanya yang lezat, tapi daya tahannya juga cukup awet untuk disimpan dalam waktu yang cukup lama. Nah, ada 3 tips penting masak rendang biar empuk dan sedap dari Kitchen of Indonesia agar tak salah masak.

Gunakan santan dari kelapa tua

Santan termasuk salah satu bahan penting dalam memasak santan. Kuncinya ada pada penggunaan santan yang berasal dari kelapa tua. Bukan hanya melengkapi bumbu dan membuat citarasanya sempurna, santan juga bisa berperan penting dalam membuat daging menjadi empuk. Jangan lupa menggunakannya dengan takaran yang pas. Biasanya takaran yang dibutuhkan adalah 3:1 dengan banyaknya daging yang dimasak.

Jangan terlalu sering diaduk

Memasak rendang tidak perlu terlalu sering diaduk agar bentuk potongan daging tetap terjaga. Cukup aduk sesekali saja agar tidak gosong. Mengaduknya pun sebisa mungkin tidak terlalu keras sehingga tidak merusak potongan dan bentuk daging.

Baca juga: Bukan hanya rendang, ini deretan kuliner khas Sumatera Barat yang tak boleh dilewatkan

Masak dengan api kecil

Agar bumbu meresap ke dalam daging dan teksturnya empuk, daging rendang harus dimasak dengan api kecil dalam waktu lama. Biasanya untuk mendapatkan rendang basah yang cukup empuk dan sedap, perlu waktu sekitar 4 jam dengan api kecil agar rendang matang dengan baik. Jika ingin mendapatkan rendang yang lebih kering, waktu yang dibutuhkan yaitu sekitar 5-6 jam.

Selalu dapatkan info, tips dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.
Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia